Hayuana, Wachidah (2023) Kontribusi pendekatan stem untuk sdgs tujuan climate action dalam mitigasi perubahan iklim dan dampaknya : systematic review / Wachidah Hayuana</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendekatan STEM memberikan penekanan untuk mengintegrasikan beberapa aspek ilmu pengetahuan seperti teknologi dan desain dimana dalam aspek ini akan terjadi proses rekayasa inovasi dengan dasar ilmu sains dan matematika yang bertujuan untuk melakukan sebuah inovasi dan pemecahan permasalahan. Sejak United Nation memprakarsai SDGs perguruan tinggi menyesuaikan perubahan yang dilakukan. Konsep pendekatan STEM untuk pembangunan berkelanjutan akan memperluas ruang lingkup pendidikan antara disiplin STEM untuk pemecahan masalah menjadi sebuah metode berpikir kritis untuk kemampuan multi disipliner dan pola pikir keberlanjutan. Pola pikir berkelanjutan dapat melalui pendidikan. Tujuan dari pembengunan berkelanjutan dapat didukung dalam pendidikan formal dan non formal. Pencapaian pembagunan berkelanjutan dalam dunia pendidikan perlu didukung dengan adanya kebijakan pendidikan yang baik. Kebijakan pendidikan memiliki peranan penting dalam pelaksanaan pendidikan yang efektif untuk menuju pembangunan berkelanjutan dan mempengaruhi pengembangan kurikulum materi pembelajaran lingkungan guru dan pelatihan guru. Salah satu tujuan dari sustainable development goals yang dapat dimasukkan ke dalam pembelajaran atau konteks pendidikan adalah climate action. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian systematic review yang bertujuan mengetahui kontribusi pendekatan STEM untuk mencapai pembangunan berkelanjutan pada tujuan global dengan judul Kontribusi Pendekatan STEM untuk Mencapai Pembangunan Berkelanjutan pada Tujuan Global dalam Mengatasi Perubahan Iklim dan Dampaknya. Dari hasil yang didapatkan Jurnal terbanyak yang menerbitkan artikel terkait dengan Pendekatan STEM untuk SDGs tujuan climate action yaitu sustainability tahun 2022 adalah tahun terbanyak menerbitkan artikel terkait dengan Pendekatan STEM untuk SDGs tujuan climate action dan pendekatan penelitian yang sering digunakan dalam penelitian Pendekatan STEM untuk SDGs tujuan climate action. Penulis yang banyak berkontribusi dan saling berkolaborasi untuk melakukan penelitian Pendekatan STEM untuk SDGs tujuan climate action yaitu sustainability adalah Jeanna R. Wiselman dan Marc. T sager dan negara yang banyak berkontribusi untuk penelitian ini adalah USA. Tiga topik utama yang banyak dilakukan untuk penelitian Pendekatan STEM untuk SDGs tujuan climate action yaitu sustainability adalah startegi pembelajaran didalam kelas pengembangan kurikulum dan teknologi pendidikan. Kontribusi penelitian terkait dengan Pendekatan STEM untuk SDGs tujuan climate action yaitu sustainability adalah pengembangan dan evaluasi kurikulum inovasi dan integrasi teknologi pendidikan inovasi lingkungan belajar dan pengembangan profesionalisme guru. Saran dan pertimbangan untuk implementasi Pendekatan STEM untuk SDGs tujuan climate action yaitu sustainability di Indonesia adalah diperlukan penegasan adanya implementasi STEM dalam kegiatan adiwiyata.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347016 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |