Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional dan kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Tamansiswa Malang pada mata pelajaran akuntansi / Nurisna Widiasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional dan kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Tamansiswa Malang pada mata pelajaran akuntansi / Nurisna Widiasari

Widiasari, Nurisna (2014) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional dan kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Tamansiswa Malang pada mata pelajaran akuntansi / Nurisna Widiasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widiasri Nurisna. 2014. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Tamansiswa Malang pada Mata Pelajaran Akuntansi. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Bety Nur Achadiyah S.Pd M.Sc. (2) Dr. Dodik Juliardi S.E Ak M.M. Kata Kunci Persepsi siswa Kompetensi Profesional Kompetensi Sosial Motivasi Belajar. 12288 12288 12288 12288 Dalam UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dijelaskan bahwa pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat mengembangkan potensinya. Agar proses pembelajaran berjalan lancar dan berhasil diperlukan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa merupakan keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar. Dengan adanya motivasi belajar maka akan timbul reaksi-reaksi yang positif dalam proses pembelajaran. Persepsi adalah suatu proses individu dalam pengindraan yang mengarah kepada pemberian makna terhadap lingkungannya. Organisasi di lingkungan siswa yang sangat berperan dalam proses belajar adalah guru. Pemerintah mensyaratkan bahwa seorang guru harus memiliki kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Kompetensi profesional adalah kemampuan yang dimiliki guru dalam menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam. Kompetensi sosial adalah kemampuan guru dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Guru harus mempunyai kompetensi profesional dan kompetensi sosial yang baik agar siswa dapat menciptakan persepsi baik pula yang berdampak pada peningkatan motivasi belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel persepsi siswa tentang kompetensi profesional dan kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa serta mengetahui variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanasi (Explanatory Research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Tamansiswa Malang berjumlah 38 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu menggunakan keseluruhan populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantiatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional dan kompetensi sosial guru memiliki pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar siswa. Persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan guru akuntansi terus berupaya meningkatkan kompetensi profesional dan kompetensi sosialnya dan untuk peneliti selanjutnya disarankan lebih memperluas populasi serta mengembangkan permasalahan terkait dengan motivasi belajar siswa. Dengan demikian hasil yang diharapkan dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34701

Actions (login required)

View Item View Item