Firdani, Siti Aisyah (2023) Pengembangan e-module berbasis PBL materi sistem reproduksi manusia terintegrasi sains-islam untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar mahasiswa / Siti Aisyah Firdani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan usaha yang diperlukan oleh setiap manusia yang didasari dengan proses belajar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Pendidikan merupakan usaha yang disiapkan sebagai upaya bagi mahasiswa yang berperan aktif dan positif untuk kehidupan di masa yang akan datang yang secara individu mampu melakukan proses belajar berkembang sesuai dengan kebutuhan. Pendidikan juga berorientasi pada pendidikan Islam dan pendidikan secara umum yang memiliki enam unsur diantaranya alat pendidikan tujuan lingkungan pendidikan anak didik dasar dan pendidik. Pendidikan yang mengintegrasikan pelajaran umum seperti ilmu biologi dengan agama Islam di lingkungan institusi pendidikan umum atau agama mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi di Indonesia merupakan hal yang mutlak. Ilmu biologi merupakan ilmu yang mempelajari asal-usul kehidupan evolusi makhluk hidup serta perilaku interaksi yang terjadi satu sama lain di lingkungan sosial bertujuan dalam menetapkan hukum yang mengatur sumber kehidupan organisme yang segala sesuatu dilakukan berdasarkan kajian studi dan pengalaman individu. Pendekatan integrasi sains-Islam dan teknologi seharusnya perlu diterapkan karena menempatkan berbagai keberagaman terhadap disiplin ilmu (Islamis-Studies Natural studies Social studies dan Humaniora). Berdasarkan hasil studi pendahuluan kepada 30 mahasiswa S1 Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang yang telah menempuh matakuliah Fisiologi Hewan dan Manusia diketahui presentase indikator literasi sains dan hasil belajar mahasiswa materi sistem reproduksi manusia mencapai sebesar 50 00% dinilai dari 100% yang menunjukkan kategori kurang. rendahnya literasi sains disebabkan adanya beberapa faktor salah satunya yaitu mahasiswa kesulitan dalam memahami konsep dasar pada materi yang disajikan oleh dosen. Literasi sains yang rendah disebabkan banyaknya materi yang diajarkan kepada mahasiswa selain itu juga penjelasan mengenai konsep dasar biologi kurang diterapkan permasalah yang biasa ditemui di lingkungan sekitar. Hasil belajar yang diberikan sudah cukup baik namun perlu adanya peningkatan metode pembelajaran yang mampu diterapkan di kelas agar materi yang dijelaskan mudah diingat. Mahasiswa mendukung adanya pengembangan bahan ajar berupa e-module materi sistem reproduksi manusia diintegrasikan secara sains-Islam yang memuat informasi dan pengetahuan dengan dasar hukum Islam yang berkesinambungan. Berdasarkan latar belakang masalah maka penelitian ini dibuat dengan jenis penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan menguji kevalidan menguji kepraktisan dan menguji keefektifan E-Module berbasis PBL Materi Sistem Reproduksi Manusia Terintegrasi Sains Islam untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Hasil Belajar Mahasiswa. Model penelitian dan pengembangan ini adalah menggunakan model pembelajaran ADDIE. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Angkatan 2021 yang sedang menempuh matakuliah Fisiologi Hewan dan Manusia. Model penelitian dan pengembangan mengacu pada Branch yang terdiri dari tahapan analyze design develop Implement dan evaluate. Desain penelitian menggunakan pre-eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Tenik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan lembar validasi. Tahapan evaluasi merupakan hasil akhir bertujuan untuk menilai dari kualitas produk dan perkembangan proses pembelajaran mengenai keberhasilan system pembelajaran baik sebelum dan sesudah implementasi. Hasil produk dilakukan penarikan kesimpulan sebelum dan sesudah implementasi apakah produk yang dikembangkan dapat digunakan atau tidak untuk digunakan sebagai sumber bacaan atau belajar. Hasil analisis data yang diperoleh dari uji keefektifan yakni e-module bebasis PBL materi sistem reproduksi manusia terintegrasi sains-Islam menunjukkan bahwa e-module efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Keefektifan e-module dalam meningkatkan hasil belajar juga dianalisis lebih lanjut melalui perhitungan N-gain diketahui dapat melatih pada setiap indikator hasil belajar kognitif dan psikomotorik. Hasil belajar afektif menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respon yang positif terhadap kesehatan maupun kepedulian dengan mempelajari sistem reproduksi manusia. Saran yang dapat diberikan yakni format e-module yang dikembangkan perlu dikemas dalam format lain yang dapat digunakan secara offline dan online. E-module berbasis PBL materi sistem reproduksi manusia terintegrasi sains-Islam dapat dikembangkan pada matakuliah dan model pembelajaran lainnya. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi dasar penelitian lanjut sejenis pada materi selain ldquo Sistem Reproduksi Manusia rdquo . E-Module berbasis PBL berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat diterapkan pada peningkatan keterampilan lain selain literasi sains dan hasil belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347007 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |