Ikhtiarni, Fadhilah (2023) Pengembangan e-module biologi berbasis project based learning berbantuan jurnal belajar untuk meningkatkan self-reguated learning, keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik / Fadhilah Ikhtiarni</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Profil Pelajar Pancasila merupakan karakter yang ditekankan pada Kurikulum Merdeka. Karakter mandiri kritis dan kreatif merupakan tiga dari dimensi Pelajar Pancasila yang diharapkan dikuasai oleh peserta didik. Hasil analisis kebutuhan diketahui bahwa guru belum melatih karakter dan keterampilan tersebut dengan optimal dikarenakan guru belum mengetahui indikator setiap keterampilan dengan baik dan belum pernah mengembangkan instrumen untuk mengukur ketiga dimensi tersebut. Permasalahan lain yang ditemukan adalah materi virus dan kingdom monera sulit dipahami oleh peserta didik dan bahan ajar pada yang digunakan belum memotivasi peserta didik dalam belajar. Kegiatan belajar berbasis proyek yang direkomendasikan oleh kurikulum merdeka belum dilaksanakan secara optimal terutama pada fase monitoring the student progress. Penilaian yang sering dilaksanakan bersifat sumatif sehingga proses belajar peserta didik tidak teramati dengan jelas sehingga berdasarkan fungsinya assessment as dan for learning belum dilaksanakan dengan optimal. Oleh karena itu asesmen formatif berupa jurnal belajar dapat menjadi solusi untuk permasalahan pada fase tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-module berbasis Project based Learning (PjBL) berbantuan jurnal belajar yang memenuhi syarat kevalidan dan kepraktisan serta menguji keefektifan e-module dalam meningkatkan SRL keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian amp pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan Lee amp Owen (2004) yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu assesment/analysis design development implementation dan evaluation. E-module yang dikembangkan divalidasi oleh validator ahli materi ahli media dan bahan ajar serta praktisi pendidikan biologi. Uji kepraktisan dilakukan kepada peserta didik dan guru biologi setelah menggunakan e-module dalam pembelajaran.Uji keefektifan dilakukan dengan menggunakan uji Anova untuk mengetahui pengaruh e-module dalam meningkatkan SRL keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif. E-module diimplementasikan pada peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Wates TA 2022/2023 pada bulan November hingga Desember 2023. Penerapan e-module menggunakan desain penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan e-module dan model PjBL sedangkan kelas kontrol dibelajarkan menggunakan buku teks dan model PjBL. Sebelum pembelajaran peserta didik diberikan soal pretest SRL keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif setelah proses pembelajaran peserta didik diberikan posttest. Pembelajaran dilaksanakan secara luring sebanyak enam kali pertemuan. Hasil persentase kevalidan e-module oleh ahli materi dan ahli media memperoleh kriteria sangat valid dengan persentase 100% dan persentase kevalidan oleh praktisi pendidikan biologi sebesar 95 56% dengan kriteria sangat valid. Kriteria kepraktisan e-module oleh guru sebesar 98 09% dan oleh peserta didik sebesar 93% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektifan e-module menunjukkan terdapat perbedaan SRL keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan e-module dan PjBL dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan buku teks dan model PjBL (p lt 0 05). Berdasarkan hasil uji kevalidan kepraktisan dan keefektifan maka disimpulkan bahwa e-module berbasis Project based Learning berbantuan jurnal belajar pada materi virus dan kingdom monera telah valid praktis dan efektif untuk meningkatkan SRL keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |