Pengembangan e-module keanekaragaman lichens sebagai indikator kualitas udara berbasis pbl dan pengaruhnya terhadap keterampilan pemecahan masalah, sikap lingkungan, dan perilaku lingkungan mahasiswa / Iqbal Ainun Najib</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module keanekaragaman lichens sebagai indikator kualitas udara berbasis pbl dan pengaruhnya terhadap keterampilan pemecahan masalah, sikap lingkungan, dan perilaku lingkungan mahasiswa / Iqbal Ainun Najib</p>

Najib, Iqbal Ainun (2023) Pengembangan e-module keanekaragaman lichens sebagai indikator kualitas udara berbasis pbl dan pengaruhnya terhadap keterampilan pemecahan masalah, sikap lingkungan, dan perilaku lingkungan mahasiswa / Iqbal Ainun Najib</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah merupakan keterampilan yang mempunyai peran penting dalam dunia pendidikan. Mahasiswa harus mampu memecahkan berbagai masalah supaya dapat menyelesaikan tahap belajar yang sesuai dengan dunia nyata. Para ahli pembelajaran sependapat bahwa keterampilan pemecahan masalah dapat diberdayakan melalui proses pembelajaran diantaranya dengan mempelajari biologi. Belajar biologi perlu pemahaman yang menghubungkan prinsip dasar biologi dengan kejadian sehari-hari untuk memahami konsep sepenuhnya. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diketahui bahwa keterampilan pemecahan masalah mahasiswa masih rendah dengan rerata sebesar 47 53%. Hasil analisis kebutuhan pada mahasiswa biologi Universitas Negeri Malang yang telah mempelajari materi Lichens menunjukkan sikap lingkungan dan perilaku lingkungan masih cukup rendah. Lichens merupakan makhluk hidup unik yaitu hubungan simbiotik antara jamur dan alga. Lichens memiliki banyak peran salah satunya dapat digunakan sebagai indikator kualitas udara. Wawancara telah dilakukan terhadap dosen pengampu matakuliah Mikrobiologi dan penyebaran angket kepada mahasiswa biologi yang telah menempuh matakuliah Mikrobiologi. Hasil wawancara diketahui bahwa pembelajaran Lichens belum berjalan secara maksimal sesuai CPMK memahami peranan Lichens sebagai indikator kualitas udara di suatu tempat. Salah satu strategi yang diharapkan dapat mengatasi masalah dan sesuai CPMK adalah dengan mengembangkan bahan ajar berbentuk e-module yang harapannya dapat mendukung mahasiswa dalam mengonstruksi pengetahuannya. E-Module yang dikembangkan akan lebih efektif dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan latar belakang masalah tersebut diperlukan pengembangan bahan ajar e-module materi tentang Lichens yang berbasis Problem Based Learning (PBL) dan pengaruhnya terhadap keterampilan pemecahan masalah sikap lingkungan dan perilaku lingkungan pada mahasiswa biologi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk 1) Menghasilkan produk e-module tentang keanekaragaman Lichens dan peranannya sebagai indikator kualitas udara berbasis PBL untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah sikap lingkungan dan perilaku lingkungan mahasiswa yang valid dan praktis. 2) Menganalisis keefektifan e-module tentang keanekaragaman Lichens dan peranannya sebagai indikator kualitas udara untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah sikap lingkungan dan perilaku lingkungan mahasiswa. Penelitian dan pengembangan ini mengacu model pengembangan dari ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 13 jenis Lichens yang berhasil ditemukan dalam kedua stasiun. Sedangkan hasil untuk pengembangan bahan ajar berupa e-module menunjukkan bahwa e-module telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan sehingga layak untuk diimplementasikan. Hasil uji anacova pada keterampilan pemecahan masalah menunjukkan nilai signifikansi 8 68.10-8 0.05 sehingga terdapat perbedaan keterampilan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji anacova pada sikap lingkungan menunjukkan nilai signifikansi 0.024 0.05 sehingga terdapat perbedaan sikap lingkungan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji anacova pada perilaku lingkungan menunjukkan nilai signifikansi 0.002 0.05 sehingga terdapat perbedaan sikap lingkungan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347001

Actions (login required)

View Item View Item