Peran serta 'Llaboratorium Bank Mini Pioner' untuk mendukung pengelolaan keuangan sekolah (Studi kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kediri) / Dwi Ambar Ludviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran serta 'Llaboratorium Bank Mini Pioner' untuk mendukung pengelolaan keuangan sekolah (Studi kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kediri) / Dwi Ambar Ludviana

Ludviana, Dwi Ambar (2012) Peran serta 'Llaboratorium Bank Mini Pioner' untuk mendukung pengelolaan keuangan sekolah (Studi kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kediri) / Dwi Ambar Ludviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengelolaan keuangan Laboratorium Bank Mini Pionir sumber keuangan sekolah Keuangan sekolah merupakan komponen yang menentukan terlaksananya proses belajar- mengajar bersama komponen yang lain. Dalam tataran pengelolaan keuangan diperlukan cara untuk mengatur lalu lintas uang yang diterima dan dibelanjakan mulai dari kegiatan perencanaan pengorganisasian pelaksanaan pengawasan sampai dengan pertanggung jawaban. Dari kenyataan yang ada saat ini manajemen keuangan sekolah tidak lepas dari adanya masalah. Masalah yang muncul biasanya berhubungan dengan pengelolaan dana sekolah sebab jika sekolah tidak dapat mengelola keuangan dengan baik akan mempengaruhi layanan pendidikan yang lain. Layanan tersebut meliputi kurikulum dan pembelajaran kesiswaan sumber daya manusia sarana dan prasarana hubungan lembaga pendidikan dan masyarakat. Berdasarkan uraian tersebut fokus penelitian terkait peran serta Laboratorium Bank Mini Pionir untuk mendukung pengelolaan keuangan sekolah adalah pada SMK Negeri 2 Kediri mencakup (1) perencanaan peran serta Laboratorium Bank Mini Pionir untuk mendukung pengelolaan keuangan (2) pelaksanaan peran serta Laboratorium Bank Mini Pionir untuk mendukung pengelolaan keuangan (3) pengawasan pelaporan dan pertanggungjawaban peran serta Laboratorium Bank Mini Pionir untuk mendukung pengelolaan keuangan dan (4) faktor-faktor yang mempengaruhi peran serta Laboratorium Bank Mini Pionir untuk mendukung pengelolaan keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dirancang dengan menggunakan rancangan studi kasus karena pada penelitian ini menggunakan suatu kasus untuk menggambarkan suatu isu atau perhatian yang strategis. Strategisnya penelitian ini terletak pada peran serta Laboratorium Bank Mini Pionir untuk mendukung pengelolaan keuangan sekolah pada SMK Negeri 2 Kediri. Peneliti berperan sebagai instrumen kunci dengan subjek penelitian adalah pembina Laboratorium Bank Mini Pionir staf yang membantu di Laboratorium Bank Mini Pionir kepala sekolah yang diwakili oleh wakil kepala sekolah bagian sarana dan prasaran bendahara sekolah dan peserta didik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informasi yang disampaikan oleh subjek penelitian pada saat wawancara dan dokumen yang berkaitan dengan peran serta Laboratorium Bank Mini Pionir untuk mendukung pengelolaan keuangan sekolah di SMK Negeri 2 Kediri. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data menyusun dalam satuan-satuan dan pemeriksaan keabsahan data. Pengecekan keabsahan data melalui pemeriksaan triangulasi sumber metode dan pengecekan keanggotaan. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) Perencanaan peran serta Laboratorium Bank Mini Pionir untuk mendukung pengelolaan keuangan di SMK Negeri 2 Kediri yaitu (a) Sumber dana yang dimiliki SMK Negeri 2 Kediri adalah berasal dari pemerintah daerah dan komite sekolah (b) Sekolah memiliki Rancangan Kegiatan dan Belanja Sekolah yang dibuat satu tahun sekali dan setiap empat tahun sekali (2) Pelaksanaan peran serta Laboratorium Bank Mini Pionir untuk mendukung pengelolaan keuangan di SMK Negeri 2 Kediri yaitu (a) Sumber dana yang dimiliki SMK Negeri 2 Kediri adalah berasal dari Pemerintah Daerah dalam hal ini adalah Pemerintah Daerah Kota Kediri dan komite sekolah atau dana masyarakat (b) SMK Negeri 2 Kediri memiliki dua pengelola keuangan sekolah yaitu Laboratorium Bank Mini Pionir dan bendahara sekolah (c) Selain sebagai sentra pengelolaan keuangan yang bersumber dari komite Laboratorium Bank Mini Pionir juga sebagai wadah bagi peserta didik untuk belajar praktek perbankan (3) Pengawasan pelaporan dan pertanggungjawaban peran serta Laboratorium Bank Mini Pionir untuk mendukung pengelolaan keuangan di SMK Negeri 2 Kediri yaitu (a) Jenis pengawasan keuangan yang ada di SMK N 2 Kediri adalah pengawasan intern dan ekstern (b) Laporan pertanggung jawaban keuangan dibuat setiap satu bulan sekali dan akan direkap untuk laporan tahunan (4) Faktor-faktor yang mempengaruhi peran serta Laboratorium Bank Mini Pionir untuk mendukung pengelolaan keuangan di SMK Negeri 2 Kediri yaitu (a) faktor pendukung pengelolaan keuangan sekolah adalah manfaat Laboratorium Bank Mini Pionir bagi Peserta didik adalah tempat untuk praktek perbankan dan Kepala sekolah cepat tanggap dalam penanganan masalah (b) faktor penghambat dalam pengelolaan keuangan sekolah adalah mekanisme pelaporan dan perundang-undangan keuangan yang selalu berubah pada setiap waktu atau setiap tahun sehingga guru memerlukan diklat keuangan dan kurang telitinya peserta didik sehingga mengalami sedikit kesulitan pada saat membuat laporan keuangan. Saran ditujukan untuk (1) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi penelitian dalam ruang lingkup yang memiliki keterkaitan dengan manajemen keuangan (2) Kepala sekolah lebih meningkatkan peran serta dari Laboratorium Bank Mini Pionir untuk lebih mendukung keberhasilan pengelolaan keuangan di sekolah (3) Pembina Laboratorium Bank Mini Pionir meningkatkan peran serta dari pengurus Laboratorium Bank Mini Pionir untuk lebih mendukung keberhasilan pengelolaan keuangan di sekolah (4) Penelitian Lanjutan agar melakukan penelitian pengembangan untuk mengetahui sistem pengelolaan keuangan sekolah dan dapat melakukan penelitian perbandingan tentang pengelolaan keuangan yang melibatkan Laboratorium Bank Mini Pionir di sekolah lain sehingga terungkap kebenaran dan kejelasan peran serta Laboratorium dalam pengelolaan keuangan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3470

Actions (login required)

View Item View Item