Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe "student team-achievement divisions" untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS kelas VIII semester 2 di SMPN 3 Pacitan / Faris Achmad Erimawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe "student team-achievement divisions" untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS kelas VIII semester 2 di SMPN 3 Pacitan / Faris Achmad Erimawan

Erimawan, Faris Achmad (2012) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe "student team-achievement divisions" untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS kelas VIII semester 2 di SMPN 3 Pacitan / Faris Achmad Erimawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran STAD keaktifan dan hasil belajar siswa. Keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Pacitan masih rendah. Matapelajaran IPS sangat membosankan terlalu banyak konsep yang harus dihafalkan oleh siswa serta banyak siswa kurang memahami tentang kegunaan manfaat dan penerapan pembelajaran IPS dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian tindakan kelas ini menerapkan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk bekerjasama dan memungkinkan siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Tipe STAD. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini dilakukan dengan 2 siklus Pembelajaran setiap siklus masing-masing terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tertulis. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII-A SMP Negeri 3 Pacitan dengan jumlah siswa 36 siswa pada materi pokok Pengendalian Sosial. Hasil refleksi siklus I menemukan kekurangan saat proses pembelajaran yaitu pengorganisasian waktu kurang tepat kontribusi siswa dalam diskusi kelompok masih kurang siswa masih pasif dalam memberikan pendapat dan menjawab. Sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II yaitu memperbaiki cara berkelompok dan memberikan pengarahan kembali cara berdiskusi yang benar pengorganisasian waktu yang lebih tepat serta mengajukan pertanyaan pancingan dan memotivasi siswa. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat bahwa rata-rata keaktifan belajar siswa siklus I mencapai 27 78% meningkat menjadi 72 22% dengan hasil sangat bagus pada siklus II. Keaktifan belajar ini dapat menunjang meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I rata-rata hasil belajar 58 83 meningkat menjadi 75 22 pada siklus II. Disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat diberikan diantaranya (1) Bagi guru IPS model pembelajaran Tipe STAD dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang berguna dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif. (2) Bagi peneliti selanjutnya penerapan model pembelajaran Tipe STAD dapat digunakan pada materi yang lainnya selain materi Pengendalian Sosial dan pada matapelajaran selain IPS. Pnelitian selanjutnya dapat menggunakan model pembelajaran lainnya misalnya Jigsaw Teams Games Tournament (TGT) dll. (3) Pembelajaran model ceramah apapun variasinya seyogyanya ditinggalkan dan merubahnya menjadi pembelajaran yang kooperatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item View Item