Pengembangan e-module p5 adiwiyata berbasis project based learning (pjbl) berpendekatan stem untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, sikap sosial, dan literasi lingkungan siswa Kelas x di SMAN 7 Kota Malang / Salwa Nabilah Afifah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module p5 adiwiyata berbasis project based learning (pjbl) berpendekatan stem untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, sikap sosial, dan literasi lingkungan siswa Kelas x di SMAN 7 Kota Malang / Salwa Nabilah Afifah</p>

Afifah, Salwa Nabilah (2023) Pengembangan e-module p5 adiwiyata berbasis project based learning (pjbl) berpendekatan stem untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, sikap sosial, dan literasi lingkungan siswa Kelas x di SMAN 7 Kota Malang / Salwa Nabilah Afifah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan lingkungan hidup merupakan komponen penting dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup terutama dalam menanamkan perilaku masyarakat untuk mengintegrasikan lingkungan hidup dalam setiap pengambilan keputusan. Sejalan dengan program Adiwiyata Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan program pembelajaran lintas disiplin ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan menguji kevalidan menguji kepraktisan dan menguji keefektifan E-Module P5 Adiwiyata Berbasis Project Based learning (PjBL) berpendekatan STEM untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah sikap sosial dan literasi lingkungan siswa kelas X di SMAN 7 Malang. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Lee amp Owens yang terdiri dari tahapan assessment/analysis design development implementation dan evaluation. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelas siswa yakni kelas X8 di SMAN 7 Malang. Desain penelitian yang digunakan yakni menggunakan pre-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Materi yang dikembangkan dalam E-Module adalah tentang Adiwiyata yaitu Pemilahan sampah dan pembuatan kompos metode Takakura Pembuatan POC Pembuatan Kokedama Sabut Kelapa Kebun TOGA Kebun Organik Taman Edukasi Informasi. Data dari penelitian ini meliputi data hasil uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Hasil uji kevalidan yang dilakukan oleh validator ahli materi yang pertama mendapatkan persentase sebesar 93% termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji kevalidan oleh ahli materi yang kedua memperoleh persentase sebesar 100% termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji kevalidan oleh ahli media dan bahan ajar memperoleh persentase sebesar 94% termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji kevalidan oleh praktisi pendidikan biologi memperoleh persentase sebesar 97% termasuk dalam kategori sangat valid. bahwa E-Module termasuk dalam kategori valid dan dapat diimplementasikan. Uji kepraktisan terdiri dari empat tahapan yaitu uji kepraktisan yang dilakukan yakni uji coba perseorangan (one to one trial) memperoleh persentase sebesar 88%. Uji coba kelompok kecil (small group trial) memperoleh persentase sebesar 92% termasuk kategori sangat praktis. Uji Coba Lapangan (field trial) memperoleh persentase sebesar 91% termasuk kategori sangat praktis. Uji Coba Conduct Pilot Test memperoleh persentase sebesar 93% termasuk kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan menggunakan n-gain memberikan hasil bahwa E-Module P5 Adiwiyata dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dengan rerata sebesar 0 38 termasuk kategori efektivitas sedang meningkatkan sikap sosial dengan rerata sebesar 0 24 termasuk kategori efektivitas rendah dan literasi lingkungan dengan rerata sebesar 0 43 termasuk kategori efektivitas sedang. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah E-Module P5 Adiwiyata Berbasis Project Based Learning (PjBL) berpendekatan STEM valid praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah sikap sosial dan literasi lingkungan siswa kelas X di SMAN 7 Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346997

Actions (login required)

View Item View Item