Maulana, M. Nidhamul (2023) Pengembangan handout mikrobiologi tentang bakteri amilolitik dan bakteri selulolitik yang berasal dari tanah pembuangan sampah sayuran untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan sikap peduli lingkungan mahasiswa / M. Nidhahamul Maulana</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
M. Nidhamul Maulana. 2023. Pengembangan Handout Mikrobiologi Tentang Bakteri Amilolitik dan Selulolitik yang Berasal dari Tanah Pembuangan sampah sayuran Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa. Tesis. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti M.Pd. (II) Dra. Dwi Listyorini M.Si D.Sc. Kata Kunci Handout Kemampuan Kognitif dan Sikap Peduli Bakteri Amilolitik Bakteri Selulolitik. Sikap Peduli Lingkungan menjadi salah satu kecakapan hidup yang perlu dikembangkan melalui proses pendidikan. Namun fakta yang terjadi saat ini Sikap Peduli Lingkungan belum sepenuhnya dimiliki oleh mahasiswa karena kurangnya latihan berpikir dalam proses pembelajaran. Mahasiswa kurang diberi kesempatan untuk melatih kemampuan mereka dalam berpikir tentang masalah dan mencari solusi untuk menyelesaikan. Selain sikap peduli lingkungan mahasiswa juga perlu memiliki kemampuan kognitif dalam proses pembelajaran agar pembelajaran sains dapat menjadi bermakna dalam kehidupan. Ketika mahasiswa mampu memahami konsep sains dengan baik dan benar maka mahasiswa akan memiliki sikap peduli lingkungan yang baik untuk memecahkan masalah dalam lingkungan. Fakta saat ini menunjukkan bahwa mahasiswa lebih sering menghafal materi pembelajaran tanpa memahami konsep yang dipelajari. Hal ini membuat mahasiswa hanya sampai pada indikator C1 yaitu mengingat tanpa memahami isi materi pembelajaran. Sikap Peduli Lingkungan dan Kemampuan Kognitif mahasiswa yang cukup rendah dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran yang sesuai. Proses pembelajaran tersebut harus memperhatikan aspek-aspek yang menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran. Salah satu aspek yang berperan penting adalah media pembelajaran. Keberhasilan proses belajar mengajar dapat tercapai apabila pendidik mampu memilih media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kondisi saat ini sehingga pembelajaran tetap efektif. Dalam kondisi ini pendidik harus mampu memilih media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat digunakan adalah handout. Kelebihan handout adalah sebagai salah satu media pembelajaran yang disusun sistematis efektif inovatif menyenangkan dan interaktif yang membuat mahasiswa aktif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan Sikap peduli lingkungan dan kemampuan kognitif mahasiswa. Pembelajaran akan lebih kontekstual apabila handout dikembangkan berdasarkan fakta di lingkungan sekitar tempat tinggal. Salah fakta di lingkungan sekitar adalah terdapat timbunan sampah sayur yang sangat banyak sehingga berpotensi mencemari lingkungan. Masyarakat dan mahasiswa belum memahami sepenuhnya bahwa pada tanah sampah sayur terdapat berbagai macam bakteri amilolitik dan bakteri selulolitik. Bakteri tersebut berperan mendegradasi amilum dan mendegradasi selulosa sehingga dapat mejaga keseburuan tanah dan kelestarian tanah. Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan maka penelitian ini perlu untuk dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi Universitas Negeri Malang selama bulan November 2020 sampai Mei 2021. Populasi penelitian yaitu seluruh mahasiswa Jurusan Biologi semester tiga yang sedang menempuh matakuliah Mikrobiologi dengan sampel sebanyak 60 mahasiswa. Sampel mahasiswa dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan Handout dan kelompok kontrol menggunakan yang PPT dalam pembelajaran. Kedua kelas telah diuji kesetaraannya. Sikap Peduli Lingkungan diukur menggunakan soal uraian dan rubrik penilaian dimodifikasi dari Greenstein (2012). Kemampuan Kognitif diukur menggunakan soal uraian yang merujuk pada level kognitif taksonomi bloom. Data Keterampilan berpikir dan Kemampuan Kognitif di dapatkan dari pretest dan posttest. Kemudian keefektifan Handout dianalisis menggunakan N-Gain score untuk menghitung peningkatan nilai keterampilan dan Kemampuan Kognitif secara keseluruhan dan T-test digunakan untuk mengetahui perbedaan perubahan Sikap Peduli Lingkungan dan Kemampuan Kognitif berdasarkan skor capaian pembelajaran individu antara kelompok kontrol dan eksperimen. Analisis kevalidan dan kepraktisan Handout diukur menggunakan angket. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan Handout efektif meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan mahasiswa dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan powerpoint. Hasil analisis dengan t-test menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara kelas Handout dan kelas powerpoint. Hal ini dikarenakan pembelajaran menggunakan Handout memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar secara mandiri dan tidak terbatas waktu. Mahasiswa juga lebih aktif dalam berdiskusi bersama teman mencari informasi dan solusi untuk menyelesaikan masalah yang disajikan dalam Handout. Pembelajaran menggunakan PPT pada kelas kontrol kurang efektif karena memiliki keterbatasan waktu dalam pembelajaran dan hanya memuat gambar yang cenderung membuat mahasiswa menjadi pasif dalam mengikuti pembelajaran. Handout disusun secara sistematis menarik dan dilengkapi dengan foto-foto prosedur praktikum. Pada proses pembelajaran bagian pertama dalam handout terdapat materi ldquo Pembuatan Media Isolasi Bakteri rdquo . Bagian kedua terdapat materi ldquo Penentuan Bakteri Amilolitik dan Bakteri Selulolitik dari Tanah pembuangan sampah sayur rdquo . Bagian ketiga terdapat materi ldquo Pengukuran Indeks Hidrolisis Amilum dan Indeks Hidrolisis Selulosa rdquo . Materi pada handout tersebut dapat merangsang rasa ingin tahu mahasiswa berkaitan dengan materi yang akan dipelajari sehingga membantu mahsiswa dalam membentuk pemahaman konsep (Rahmawandi 2019). Pada masing-masing kegiatan praktikum dilengkapi dengan foto-foto Langkah kerja dalam melakukan praktikum. Foto-foto tersebut disusun berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti memuat tentang alat dan bahan serta langkah kerja dalam melakukan praktikum. Handout yang dilengkapi dengan foto kegiatan praktikum akan membantu agar proses pembelajaran menjadi lebih kontekstual sehingga membantu mahasiswa memahami konsep dan terampil dalam kegiatan praktikum (Laela dan Rinaningsih 2021). Bagian akhir setiap pembelajaran dalam handout dilengkapi dengan soal-soal tes formatif yang berbentuk pilihan ganda dan soal essay. Kedua jenis soal tersebut digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif dan tingkat peduli lingkungan mahasiswa. Melalui kedua tes tersebut dapat diketahui adanya perbedaan pengaruh pembelajaran menggunakan powerpoint dan handout. Pada pembelajaran yang menggunakan handout pada kelompok eksperimen membuktikan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif dan sikap peduli lingkungan antara hasil pretest dan hasil posttest. Hasil posttest lebih tinggi dibandingkan dengan hasil pretest. sedangkan nilai posttest yang hanya menggunakan powerpoint menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif dan sikap peduli lingkungan tergolong rendah. Materi pembelajaran dalam handout ini dipadukan dengan fenomena sehari-hari yang diketahui oleh mahasiswa yaitu adanya tumpukan sampah sayuran yang ditemukan di lingkungan sekitar tempat tinggal mahasiswa. Materi yang memuat fenomena sehari-hari membuat mahasiswa menjadi lebih tertarik dan bersemangat dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih menarik jika memuat hal-hal yang dekat dengan kehidupan mahasiswa (Izzatinnisa 2020) membantu mahasiswa lebih mudah memahami konsep yang dipelajari sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa (Rohmana 2018).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |