Cahyanti, Indra (2023) Pengembangan e-module bioteknologi berbasis potensi lokal dengan model pjbl untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi, keterampilan berpikir kreatif, dan pemahaman konsep siswa Kelas xii MAN 3 Blitar / Indra Cahyanti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan di Indonesia mengalami perubahan yang mengedapankan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai tombak utama pendidikan abad ke-21. Perlu adanya keseimbangan antara pengetahuan dengan keterampilan sebagai dasar sumber daya manusia yang berkualitas. Keterampilan kolaborasi keterampilan berpikir kreatif dan pemahaman konsep telah menjadi salah satu kompetensi dan tujuan yang ingin dicapai dalam pendidikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai seperti e-module. Analisis kebutuhan pengembangan e-module ini dilakukan kepada alumni siswa kelas XII-MIA 1 MAN 3 Blitar yang telah mempelajari materi Bioteknologi. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa 86 7% siswa mengatakan pernah bekerja secara berkelompok akan tetapi keterampilan kolaborasi siswa berada dikategori cukup dengan rata-rata 59%. Sedangkan pada keterampilan berpikir kreatif 86 7% siswa mengatakan tidak pernah mengajukan pertanyaan saat proses pembelajaran sehingga dapat diartikan 86 7% siswa ragu-ragu dan tidak yakin untuk mempertahankan ide serta gagasan mereka. Pada aspek materi 100% siswa mengatakan materi bioteknologi penting untuk dipelajari. Selain penggunaan media pembelajaran yang sesuia penerapan suatu model pembelajaran juga merupakan salah satu upaya untuk memberdayakan keterampilan kolaborasi keterampilan berpikir kreatif dan pemahaman konsep siswa. Penerapan model pembelajaran dan pengembangan e-module didasarkan pada kebutuhan pembelajaran yang digunakan untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran pada materi Bioteknologi. Salah satu materi pembelajaran yang menerapkan basis proyek adalah Bioteknologi. Pada pelaksanaannya pembelajaran berbasis proyek pada materi Bioteknologi masih belum berjalan optimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis kebutuhan yang telah dijelaskan sebelumnya. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menyediakan media ajar dengan model PjBL yang memfasilitasi pemberdayaan keterampilan kolaborasi keterampilan berpikir kreatif dan pemahman konsep siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-module pada materi Bioteknologi. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu model desain instruksional tahap pengembangan ADDIE. Tahap pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu (1) analyze (2) design (3) develop (4) implement dan (5) evaluate. Penggunaan tahap pengembangan ADDIE karena sesuai untuk pembelajaran sistematis dan terdapat revisi disetiap tahapannya. E-module yang dikembangkan sebelum diuji coba dilakukan validasi terlebih dahulu oleh ahli materi media dan praktisi pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-module sangat valid dengan rerata nilai 100 yang menunjukkan bahwa e-module dapat digunakan tanpa revisi. Setelah validasi e-module oleh ahli selanjutnya dilakukan revisi formatif melalui 3 tahap yaitu uji coba perorangan uji coba kelompok dan uji coba lapangan. Rerata hasil angket respon siswa yaitu 4 72 4 86 4 86 yang berarti e-module praktis dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Selanjutnya dilakukan implementasi untuk mengetahui keefektivan penggunaan e-module dalam proses pembelajaran Bioteknologi. Tahap implementasi menggunakan rancangan pra-eksperimen yang menggunakan one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII MIA MAN 3 Blitar dengan subjek penelitian siswa kelas XII MIA-1 MAN 3 Blitar. Hasil implementasi pada keterampilan kolaborasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan hasil implementasi pada keterampilan berpikir kreatif dan pemahaman konsep siswa dianalisis dengan menggunakan uji t untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-module. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) e-module Bioteknologi berbasis potensi lokal valid berdasarkan hasil validasi oleh validator ahli materi ahli media dan praktisi pembelajaran (2) e-module Bioteknologi berbasis potensi lokal praktis berdasarkan penilaian pada angket respon pengguna (siswa) (3) e-module Bioteknologi berbasis potensi lokal efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi keterampilan berpikir kreatif dan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |