Pengembangan e-module berbasis e-pub matakuliah struktur dan perkembangan tumbuhan untuk meningkatkan literasi sains dan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa / M. Ferli Ardian</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis e-pub matakuliah struktur dan perkembangan tumbuhan untuk meningkatkan literasi sains dan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa / M. Ferli Ardian</p>

Ardian, M. Ferli (2023) Pengembangan e-module berbasis e-pub matakuliah struktur dan perkembangan tumbuhan untuk meningkatkan literasi sains dan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa / M. Ferli Ardian</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan sains berkontribusi pada pengembangan kemampuan pemahaman tentang cara paling efektif untuk menggunakan sains dalam kehidupan sehari-hari dan tanggung jawab sosial. Pendidikan sains memiliki peran yang menguntungkan dalam pengetahuan dunia sekitarnya oleh karena itu salah satu tujuan terpenting dari pendidikan sains adalah pengembangan literasi sains. Secara umum literasi sains merupakan perpaduan antara keterampilan nilai sikap pemahaman dan pengetahuan tentang sains yang diperlukan individu untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan literasi sains dan keterampilan pemecahan masalah termasuk dalam kategori rendah. Oleh karena itu dikembangkan e-module berbasis e-pub dengan model problem based learning yang diharapkan dapat meningkatkan literasi sains dan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-module berbasis e-pub struktur dan perkembangan tumbuhan yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan literasi sains dan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa Biologi Universitas Negeri Malang. Model pengembangan yang digunakan adalah desain instruksional ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analyze design develop implement dan evaluate. E-module berbasis e-pub yang telah dikembangkan divalidasi oleh validator bahan ajar ahli materi dan praktisi pendidikan. E-module berbasis e-pub diimplementasikan dalam proses pembelajaran menggunakan jenis penelitian pre-experimental. Subjek implementasi adalah mahasiswa S1 jurusan Biologi Universitas Negeri Malang. Mahasiswa diberikan soal pretest sebelum pembelajaran dan mengerjakan soal posttest dan angket respon mahasiswa saat pembelajaran telah selesai. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif (skor validasi e-module berbasis e-pub oleh validator skor angket respon mahasiswa skor observasi keterlaksanaan sintaks dan skor pretest-posttest) dan data kualitatif (saran yang diberikan oleh validator dan mahasiswa). Data skor validasi e-module berbasis e-pub dan skor angket respon mahasiswa dianalisis dengan Teknik analisis persentase data skor observasi keterlaksanaan sintak dianalisis dengan uji kesejajaran serta data skor pretest-posttest literasi sains dan keterampilan pemecahan masalah dianalisis menggunakan uji One Way Ancova. Persentase kevalidan e-module berbasis e-pub menurut validator ahli bahan ajar dan perangkat pembelajaran sebesar 100% dengan kriteria sangat valid ahli materi sebesar 100% dengan kriteria sangat valid dan praktisi pendidikan sebesar 99% dengan kriteria sangat valid. Persentase kepraktisan e-module berbasis e-pub dengan angket respon mahasiswa sebesar 87.04% dengan kriteria sangat praktis hasil observasi keterlaksanaan sintaks menyatakan bahwa sintak terlaksana dibuktikan dengan hasil uji kesejajaran yang memiliki p-value 0.041 lt 0.05 yang artinya sintaks problem based learning terlaksana dengan baik. E-module berbasis e-pub efektif dalam meningkatkan literasi sains dan keterampilan pemecahan masalah. Hasil ini dibuktikan dengan hasil uji One Way Ancova literasi sains dan keterampilan pemecahan masalah yaitu p-value lt 0.05 yang berarti bahwa e-module berbasis e-pub berpengaruh terhadap literasi sains dan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa. Pembelajaran yang paling unggul untuk meningkatkan literasi sains dan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa adalah pembelajaran yang menggunakan e-module berbasis e-pub dengan model problem based learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346991

Actions (login required)

View Item View Item