Sarifah, Zakiyatus (2023) Pengembangan e-module p5 adiwiyata berbasis project based learning (pjbl) untuk meningkatkan literasi teknologi, keterampilan komunikasi, dan literasi lingkungan siswa Kelas x di SMAN 2 Malang / Zakiyatus Sarifah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Lingkungan terdiri dari komponen biotik dan abiotik yang di dalamnya terjadi interaksi antar individu termasuk kontribusi pada kesejahteraannya. Pemerintah mengembangkan program pendidikan lingkungan hidup melalui Program Adiwiyata yang berfungsi untuk mencanangkan terciptanya pengetahuan warga sekolah terhadap lingkungan sehingga dapat memupuk karakter peduli lingkungan dalam upaya pelestarian lingkungan. Kesenjangan di sekolah pada Program Adiwiyata yaitu pada aspek literasi teknologi keterampilan komunikasi dan literasi lingkungan siswa. Pada aspek literasi teknologi siswa terkendala terhadap teknik tertentu dalam menggunakan produk digital dan membuat produk karena berhubungan dengan teknik pembuatan produk oleh masing-masing siswa sehingga guru tidak dapat mengontrol secara keseluruhan. Pada aspek keterampilan komunikasi siswa masih belum bisa memahami maksud seperti menafsirkan pesan atau kalimat dan memberikan kesimpulan karena berkaitan dengan kemampuan komunikasi pada masing-masing siswa penafsiran pesan atau kalimat antar siswa juga berbeda sehingga hal tersebut menyebabkan ketidaksesuaian dengan yang diinginkan oleh guru. Pada aspek literasi lingkungan diketahui bahwa pengetahuan keterampilan sikap dan perilaku siswa terhadap lingkungan memiliki nilai 84 berdasarkan PAP sekolah nilai tersebut termasuk dalam kategori cukup. Berdasarkan latar belakang masalah maka penelitian ini dibuat dengan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan menguji kevalidan menguji kepraktisan dan menguji keefektifan E-module P5 Adiwiyata Berbasis Project Based learning (PjBL) untuk meningkatkan literasi teknologi keterampilan komunikasi dan literasi lingkungan siswa kelas X di SMAN 2 Malang. Model penelitian dan pengembangan menggunakan model Lee amp Owens. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelompok siswa yakni kelas X-LMT 2 di SMAN 2 Malang. Desain penelitian yang digunakan yakni menggunakan Pre Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Materi yang dikembangkan dalam e-module adalah tentang Adiwiyata yaitu Pemilahan Sampah dan Pembuatan Kompos Taman Dinding Tabulampot Hidroponik Apotik Hidup dan Vertical Garden. Terdapat tiga uji yang digunakan untuk mengetahui kelayakan penggunaan e-module yang dibuat yakni uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji pertama adalah uji kevalidan yang dilakukan oleh validator ahli materi ahli media dan praktisi Pendidikan Biologi dan memperoleh hasil bahwa e-module valid dan dapat diimplementasikan. Uji kedua yakni uji kepraktisan yang diberikan kepada siswa dengan menggunakan angket respons kepraktisan siswa. Terdapat empat langkah uji kepraktisan yang dilakukan yakni uji coba perseorangan (one to one trial) memperoleh komentar bahwa e-module sangat bagus dan menarik. Uji coba kelompok kecil (small group trial) memperoleh komentar bahwa e-module sudah sangat bagus menarik tidak membosankan dan perlu penataan gambar yang lebih baik lagi. Uji Coba Lapangan (field trial) memperoleh komentar bahwa e-module sudah bagus menarik penjelasan mudah dipahami dan perlu diperhatikan terkait pemilihan warna. Uji Coba Conduct Pilot Test memperoleh komentar bahwa e-module sudah baik membantu siswa dalam memahami materi dan dapat ditambahkan gambar dan mengurangi materi dengan jumlah kata yang banyak. Berdasarkan keempat uji yang dilakukan diperoleh hasil bahwa e-module sangat praktis. Setelah dilakukan uji kepraktisan maka dilakukan uji keefektifan. Hasil analisis data pada uji keefektifan menggunakan N-gain memberikan hasil bahwa E-module P5 Adiwiyata dapat meningkatkan literasi teknologi dengan kategori efektivitas rendah dan meningkatkan keterampilan komunikasi dan literasi lingkungan dengan kategori efektivitas sedang. Hal ini dapat terjadi akibat indikator literasi teknologi keterampilan komunikasi dan literasi lingkungan pada penelitian dan pengembangan ini dilatihkan di setiap langkah pembelajaran menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Cara melatihkan indikator literasi teknologi keterampilan komunikasi dan literasi lingkungan yaitu deskriptor tiap indikator pada ketiga variabel dimasukkan dan diintegrasikan pada tiap fase PjBL. Sehingga keseluruhan indikator terlatihkan pada seluruh langkah pembelajaran pada keseluruhan materi. Pendidikan karakter pada siswa juga dilatihkan melalui program P5. Penunjang keberhasilan e-module efektif meningkatkan literasi teknologi keterampilan kolaborasi dan literasi lingkungan yakni karena e-module dibuat dengan berbasis website yang memiliki banyak fitur untuk melatihkan literasi teknologi pada siswa melatihkan keterampilan komunikasi pada siswa karena interaksi antar siswa semakin baik serta e-module memuat materi terkait lingkungan permasalahan dan pengelolaannya. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah E-module P5 Adiwiyata Berbasis Project Based Learning (PjBL) efektif untuk meningkatkan literasi teknologi keterampilan komunikasi dan literasi lingkungan siswa kelas X di SMAN 2 Malang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |