Pengaruh metode pemberian tugas (resitasi) dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar akuntansi di SMK PGRI Pakisaji / Agrika Indah Nugrahaeny - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pemberian tugas (resitasi) dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar akuntansi di SMK PGRI Pakisaji / Agrika Indah Nugrahaeny

Nugrahaeny, Agrika Indah (2014) Pengaruh metode pemberian tugas (resitasi) dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar akuntansi di SMK PGRI Pakisaji / Agrika Indah Nugrahaeny. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nugrahaeny Agrika Indah. 2014. Pengaruh Metode Pemberian Tugas (Resitasi) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Akuntansi di SMK PGRI Pakisaji. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed. (II) Dr. Hj. Endang Sri Andayani SE. M.Si. Ak. Kata Kunci metode pemberian tugas (resitasi) motivasi berprestasi hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi belajar siswa faktor tersebut bisa berasal dari luar diri siswa (ekstern) maupun dari dalam diri siswa (intern). Salah satu faktor ekstern yang mempengaruhi belajar siswa adalah metode mengajar yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Metode mengajar yang efektif dan sesuai dengan materi akan membantu siswa dalam belajar dan memahami materi sehingga diharapkan hasil belajar yang diperoleh dapat maksimal. Sedangkan faktor intern yang dapat mempengaruhi belajar siswa adalah motivasi berprestasi. Faktor ini akan mendorong siswa untuk berusaha semaksimal mungkin dalam belajar untuk mendapatkan hasil belajar yang terbaik diantara teman-temannya. Adanya harapan inilah yang diprediksi akan memprengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji (1) pengaruh yang signifikan dari metode pemberian tugas (resitasi) terhadap hasil belajar akuntansi di SMK PGRI Pakisaji (2) pengaruh yang signifikan dari motivasi berprestasi terhadap hasil belajar akuntansi di SMK PGRI Pakisaji (3) interaksi antara metode pemberian tugas (resitasi) dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar akuntansi di SMK PGRI Pakisaji. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen kuasi dengan menggunakan desain faktorial 2x2. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XA dan XB di SMK PGRI Pakisaji tahun pelajaran 2013/2014. Pemilihan subjek penelitian ini dengan cara cluster sampling dengan mengambil seluruh siswa pada kelas tersebut. Namun penentuan kelas sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan posttest) dan angket motivasi berprestasi(kuesioner). 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pemberian tugas (resitasi) terhadap hasil belajar akuntansi di SMK PGRI Pakisaji (2) terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi berprestasi terhadap hasil belajar akuntansi di SMK PGRI Pakisaji dan (3) terdapat interaksi antara metode pemberian tugas (resitasi) dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar akuntansi di SMK PGRI Pakisaji. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian ini disarankan agar guru pengampu mata pelajaran akuntansi khususnya kelas X dapat menerapkan metode pemberian tugas (resitasi) dalam proses pembelajaran karena hasil belajar siswa yang menggunakan metode ini lebih baik dari metode konvensional dan menumbuhkan motivasi berprestasi siswa melalui interaksi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34699

Actions (login required)

View Item View Item