Nurjannah (2023) Pengembangan e-module p5 adiwiyata berbasis project based learning (pjbl) untuk meningkatkan literasi digital, keterampilan kolaborasi, dan literasi lingkungan siswa Kelas x di SMAN 2 Kota Malang / Nurjannah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Lingkungan adalah bagian penting dari kehidupan untuk menjalankan segala aspek yang ada di kehidupan ini. Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup melaksanakan Program Adiwiyata mandiri yang diterapkan pada sekolah-sekolah untuk menciptakan lembaga pendidikan yang peka dan berkebudayaan lingkungan serta memegang prinsip edukatif kooperasi dan berkelanjutan. Pada pelaksanaan Program Adiwiyata terdapat kesenjangan yang dialami sekolah yakni pada aspek literasi digital keterampilan kolaborasi dan literasi lingkungan siswa. Pada aspek literasi digital guru belum dapat maksimal dalam membimbing siswa untuk memahami legalitas dan hak cipta suatu produk. Guru masih harus memberikan arahan kapan diperbolehkan menggunakan perangkat elektronik digital pada saat pembelajaran dan siswa yang belum maksimal dalam memanfaatkannya karena harus menunggu arahan dari guru terlebih dahulu. Harusnya bisa dicoba untuk guru dan siswa sama-sama saling memiliki rasa kepercayaan yang tinggi. Pada aspek keterampilan kolaborasi masih terdapat kesenjangan yakni siswa masih acuh tak acuh pada rekan kelompoknya dan mengerjakan pekerjaannya sendiri. Pada aspek literasi lingkungan yang terdapat di sekolah masih terdapat kesenjangan yakni siswa belum menerapkan hakikat dari literasi lingkungan. Literasi lingkungan yang tertanam secara baik pada diri siswa akan menjadi sebuah karakter yang unggul dan siswa belum melakukan itu. Hal ini seperti disiplin membuang sampah pada tempatnya menghargai sesama rekan dan sebagainya. Berdasarkan latar belakang masalah maka penelitian ini dibuat dengan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan menguji kevalidan menguji kepraktisan dan menguji keefektifan E-Module P5 Adiwiyata Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan literasi digital keterampilan kolaborasi dan literasi lingkungan siswa kelas X di SMAN 2 Kota Malang. Model penelitian dan pengembangan ini adalah menggunakan model Lee amp Owens. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelompok siswa yakni X LMT-1 di SMAN 2 Kota Malang. Desain penelitian yang digunakan yakni menggunakan Pre Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Materi yang dikembangkan dalam E-module yakni tentang Adiwiyata yang meliputi Pembuatan Ecoenzim Pembuatan Produk Daur Ulang Budidaya Tanaman Hias Pembuatan Kebun Organik Pemanfaatan Pewarna Alami dan Pembuatan Taman Gantung. Terdapat tiga uji yang digunakan untuk vii mengetahui kelayakan pemakaian E-module yang dibuat yakni uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji pertama yang dilakukan yakni uji kevalidan dilakukan pada validator ahli materi ahli media dan bahan ajar serta praktisi Pendidikan Biologi yang memperoleh hasil bahwa E-module telah valid dan dapat diimplementasikan. Uji kedua yakni uji kepraktisan yang diberikan kepada siswa dengan menggunakan angket respons kepraktisan siswa yang diadaptasi dari angket respons kepraktisan dari Thiagarajan. Terdapat tiga langkah uji kepraktisan yang dilakukan yakni Uji Coba Perorangan (One To One Trial) memperoleh komentar responden bahwa E-module yang dibuat yakni menarik dan mudah digunakan kapan saja dan di mana saja. Uji Coba Kelompok Kecil (Small Group Trial) memperoleh komentar responden bahwa E-module yang dibuat memudahkan belajar. Uji Coba Lapangan (Field Trial) memperoleh komentar responden bahwa E-module yang dibuat yakni sudah baik dan sangat imajinatif karena bentuknya yang sangat kreatif dan tidak mudah membosankan. Uji Coba Conduct Pilot Test dilakukan untuk evaluasi produk terakhir dan memperoleh komentar responden bahwa E-module yang dibuat yakni sangat menarik karena terdapat materi Biologi yang terkait langsung dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan ketiga uji yang dilakukan diperoleh hasil bahwa E-module sangat praktis. Dan satu uji evaluasi produk terakhir mendapatkan hasil bahwasannya E-module sudah dapat digunakan. Setelah dilakukan uji kepraktisan maka dilakukan uji keefektifan. Hasil analisis data yang diperoleh dari uji keefektifan yakni E-Module P5 Adiwiyata dapat meningkatkan literasi digital keterampilan kolaborasi dan literasi lingkungan dengan terjadi kenaikan di setiap pertemuan. Hasil analisis data menyatakan bahwasannya nilai n-gain skor dari literasi digital adalah 0 5 yang menunjukkan efektivitas sedang cenderung tinggi. Berdasar hasil Uji T Berpasangan diketahui bahwa literasi digital memiliki nilai signifikan 0 000. Data tersebut menunjukkan nilai p lt 0 05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pretest dan posttest literasi digital. Hasil n-gain skor keterampilan kolaborasi adalah 0 4 yang menunjukkan efektivitas sedang cenderung tinggi. Berdasar hasil Uji T Berpasangan diketahui bahwa keterampilan kolaborasi memiliki nilai signifikan 0 000. Data tersebut menunjukkan nilai p lt 0 05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pretest dan posttest keterampilan kolaborasi. Hasil n-gain skor literasi lingkungan adalah 0 4 yang menunjukkan efektivitas sedang cenderung tinggi. Berdasar hasil Uji T Berpasangan diketahui bahwa literasi lingkungan memiliki nilai signifikan 0 000. Data tersebut menunjukkan nilai p lt 0 05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pretest dan posttest literasi lingkungan. Hal ini dapat terjadi akibat indikator literasi digital keterampilan kolaborasi dan literasi lingkungan pada penelitian dan pengembangan ini dilatihkan di setiap langkah pembelajaran berdasarkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penunjang keberhasilan E-module efektif meningkatkan literasi digital keterampilan kolaborasi dan literasi lingkungan yakni karena E-module dibuat dengan berbasis website yang memiliki lebih banyak fitur dan mendukung konsep pembelajaran saat ini yang serba memanfaatkan perangkat digital. Hasil akhir penelitian dan pengembangan ini yakni E-Module P5 Adiwiyata Berbasis Project Based Learning (PjBL) efektif untuk meningkatkan literasi digital keterampilan kolaborasi dan literasi lingkungan siswa kelas X di SMAN 2 Kota Malang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346989 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |