Bibiyana, Zurienia Mimi (2022) Pengembangan e-module bioindikator sungai berbasis masalah dan berbantuan augmented reality untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan sikap konservasi / Zurienia Mimi Bibiyana</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan pemecahan masalah adalah sebuah kemampuan logis serta sistematis yang digunakan untuk menghadapi permasalahan guna mencapai beberapa alternatif solusi dan menetapkan salah satu solusi terbaik pada suatu permasalahan yang sedang dihadapi. Keterampilan pemecahan masalah pada bidang Biologi memiliki peran penting dalam merepresentasikan masalah mencari hubungan membuat prediksi dan memverifikasi atau memeriksa solusi. Rendahnya nilai keterampilan pemecahan masalah menjadi masalah serius dalam proses belajar mengajar di abad ke-21. Oleh karena itu untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa diminta untuk menyelesaikan permasalahan melalui kegiatan identifikasi masalah identifikasi solusi dan analisis solusi terbaik dan memiliki kepekaan dan kecintaan terhadap lingkungan sekitar melalui pemberdayaan sikap konservasi di lembaga pendidikan. Ekologi merupakan salah satu mata kuliah penting dan wajib ditempuh oleh mahasiswa biologi. Konteks materi pada mata kuliah Ekologi erat kaitannya dengan permasalahan di lingkungan. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sebagai upaya untuk mencapai lulusan sesuai dengan capaian pembelajaran mata kuliah Ekologi. Keterampilan pemecahan masalah mahasiswa dapat dioptimalkan melalui pembelajaran yang dirancang dengan baik dengan melibatkan kegiatan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan strategi pembelajaran yang aktif dan kreatif dalam melibatkan serta memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa. Sesuai dengan capaian pembelajaran Ekologi yang tidak hanya memahami teori prinsip dan konsep ekologi namun juga mengimplementasikannya pada permasalahan yang terjadi di lingkungan dengan menggunakan pendekatan ekologi. Pembelajaran kontekstual sangat tepat untuk memberdayakan keterampilan mahasiswa sesuai dengan peristiwa yang terjadi di sekitarnya yaitu dengan menerapkan model problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun menguji kevalidan menguji kepraktisan serta menguji keefektifan e-module terhadap keterampilan pemecahan masalah dan sikap konservasi mahasiswa biologi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee and Owens yang terdiri dari tahap (1) Analysis (2) Design (3) Develop (4) Implementation (5) Evaluation. E-module yang telah dikembangkan divalidasi oleh validator ahli media ahli materi dan praktisi pendidikan biologi. Keefektifan e-module diuji dengan desain penelitian pra eksperimental one group pretest-posttest design. Keragaman jenis amfibi yang dijadikan konten dalam e-module diperoleh dari hasil eksplorasi komunitas amfibi sebagai bioindikator Sungai Brantas Hulu. Persentase kevalidan e-module menurut validator ahli materi sebesar 100% dengan kategori sangat valid ahli media sebesar 100% dengan kategori sangat valid dan praktisi lapangan sebesar 98 75% dengan kategori sangat praktis. Persentase kepraktisan modul sesuai angket respons mahasiswa sebesar 83 08% dengan kategori sangat praktis. E-module efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan sikap konservasi mahasiswa biologi. Hal ini terbukti dari hasil uji t berpasangan pretetst-posttest diketahui p-value (0 000) lt 0 05 dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan e-module terhadap nilai keterampilan pemecahan masalah mahasiswa. Selain itu dilakukan pula perhitungan peningkatan nilai keterampilan pemecahan dengan menghitung skor N-gain. Hasil rerata skor N-gain keterampilan pemecahan masalah yang diperoleh sebesar 0 55 dengan kategori peningkatan sedang. Sedangkan hasil uji t berpasangan pretest-posttest diketahui p-value (0 000) lt 0 05 sehingga ada pengaruh e-module terhadap sikap konservasi mahasiswa. Hal ini didukung oleh hasil rerata skor N-gain sikap konservasi yang diperoleh sebesar 0 24 dengan kategori peningkatan rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346987 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |