Pengaruh steam terintegrasi pembelajaran design thinking terhadap keterampilan berpikirkreatif dan keterampilan berpikir interdisipliner pada siswa SMAN 6 Malang / Adelia Dwinta Pramashela</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh steam terintegrasi pembelajaran design thinking terhadap keterampilan berpikirkreatif dan keterampilan berpikir interdisipliner pada siswa SMAN 6 Malang / Adelia Dwinta Pramashela</p>

Pramashela, Adelia Dwinta (2023) Pengaruh steam terintegrasi pembelajaran design thinking terhadap keterampilan berpikirkreatif dan keterampilan berpikir interdisipliner pada siswa SMAN 6 Malang / Adelia Dwinta Pramashela</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Terdapat perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia yaitu penerapan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang disusun untuk mengutamakan peningkatan karakter dalam perkembangan kemampuan afektif kognitif dan psikomotorik. Harapan adanya kurikulum merdeka ialah peserta didik dapat berkembang sesuai bakat minat dan kemampuan yang dimiliki karena dengan kurikulum merdeka menyenangkan efektif bervariasi dan maju. Siswa ditantang untuk berpikir kreatif dan menganalisis dengan baik untuk memecahkan masalah. Keterampilan berpikir kreatif adalah satu keterampilan keterampilan abad 21 dimana bagian dari proses pembelajaran untuk membantu anak didik agar mampu mengembangkan kreativitasnya serta kreatif dalam memecahkan masalah dan bertujuan untuk menemukan atau menghasilkan ide baru yang bersifat orisinil dan dapat dikembangkan menjadi sebuah solusi dari setiap permasalahan. Keterampilan interdisipliner adalah pemecahan suatu masalah dengan menggunakan tinjauan berbagai sudut pandang ilmu serumpun yang relevan secara terpadu. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Biologi SMAN 6 Malang diketahui bawa keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan interdisipliner siswa kelas x masih kurang. Solusi untuk mengembangkan keterampilan berpikir siswa tersebut diperlukan model pembelajaran untuk diimplementasikan salah satunya pembelajaran Design Thinking. Pembelajaran design thinking belum operasional maka dari itu untuk tujuan pembelajaran ini diwujudkan salah satunya melalui pendekatan STEAM. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pembelajaran design thinking terintegrasi STEAM pada keterampilan berpikir kreatif dan (2) mengetahui pengaruh pembelajaran design thinking terintegrasi STEAM pada keterampilan interdisipliner. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasy experiment nonequivalent control group design yang terdiri atas kelompok eksperimen dan control. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA 6 Malang. Kegiatan pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan pembelajaran design thinking dengan 5 fase yaitu (1) emphatize (2) define (3) ideate (4) prototype dan (5) test. Sedangkan pada kelas kontrol positif menggunakan model pembelajaran Project-based Learning. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran design thinking pada keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan interdisipliner siswa SMA 6 Malang. Design thinking membangun cara berpikir siswa yang mendasarkan pada penciptaan yang baru karena dalam prosesnya akan menitikberatkan pada aktivitas persepsi dan praktek. Penelitian ini merekomendasikan pembelajaran design thinking terintegrasi STEAM untuk diterapkan dengan tujuan memberdayakan keterampilan siswa. Sekolah dapat menjadikan pembelajaran design thinking terintegrasi STEAM sebagai referensi pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran dan meningkatkan keterampilan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346986

Actions (login required)

View Item View Item