Husain, Nurul Annisa (2023) Pengembangan instrumen four-tier diagnostic test berbasis google form untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa dan penyebabnya pada topik imun, vaksin dan regulasi Fisiologi / Nurul Annisa Husain</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu faktor yang menghambat dalam proses belajar adalah terjadinya miskonsepsi. Miskonsepsi merupakan salah satu masalah pendidikan yang serius di Indonesia. Miskonsepsi masih menjadi domain penelitian yang menarik minat peneliti di bidang pendidikan IPA. Materi biologi memiliki banyak istilah-istilah yang sulit dipahami oleh siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan lima guru biologi di Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan pembelajaran terkait topik imun menjadi salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa karena topik tersebut memiliki istilah-istilah yang cukup asing bagi siswa. Selain itu beberapa siswa menyebutkan bahwa topik imun dan regulasi fisiologi sulit dipahami hingga berpotensi untuk terjadinya miskonsepsi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini ialah mengembangkan instrumen four-tier diagnostic test berbasis google form untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa topik imun vaksin dan regulasi fisiologi yang valid dan reliabel. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan instrumen Treagust. Instrumen yang telah dikembangkan divalidasi oleh validator ahli materi ahli instrumen dan praktisi pendidikan. Instrumen four-tier diagnostic test diujicobakan kepada siswa SMA jurusan IPA/MIA. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data skor validasi peta konsep data skor validasi instrumen four-tier diagnostic test dan data skor validasi materi dengan teknik analisis persentase serta data hasil uji implementasi four-tier diagnostic test. Persentase kevalidan peta konsep oleh ahli materi imun dan ahli materi fisiologi masing-masing sebesar 100% dan 83 3% dengan masing-masing kategori sangat valid dan valid. Persentase kevalidan isi instrumen four-tier diagnostic test menurut validator ahli materi imun ahli materi fisiologi dan ahli asesmen secara berurutan sebesar 100% 100% dan 99 44% dengan kriteria sangat valid. Persentase kevalidan empiris instrumen four-tier diagnostic test menunjukkan bahwa butir soal secara keseluruhan telah valid. Keunggulan dari instrumen four-tier diagnostic test yakni telah memiliki format four-tier yang memiliki lebih sedikit kekurangan dari tes diagnostik lainnya dan memiliki lebih banyak kelebihan. Selain itu instrumen four-tier diagnostic test dapat diakses kapan saja dengan menggunakan bantuan Google form. Instrumen four-tier diagnostic test disusun berdasarkan hasil survei dan analisis miskonsepsi pada buku ajar dan miskonsepsi yang dialami siswa dari beberapa sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346985 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |