Pengembangan e-module perubahan lingkungan berbasis problem-based learning (pbl) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, keterampilan memecahkan masalah, dan literasi digital siswa / Dianatur Raviqah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module perubahan lingkungan berbasis problem-based learning (pbl) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, keterampilan memecahkan masalah, dan literasi digital siswa / Dianatur Raviqah</p>

Raviqah, Dianatur (2023) Pengembangan e-module perubahan lingkungan berbasis problem-based learning (pbl) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, keterampilan memecahkan masalah, dan literasi digital siswa / Dianatur Raviqah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan berperan dalam peningkatan kecakapan dan kompetensi siswa untuk menguasai keterampilan abad ke-21 bertujuan agar siswa mampu berkontribusi dalam kehidupan nyata. Keterampilan abad ke-21 yang perlu dioptimalkan adalah keterampilan berpikir kreatif keterampilan memecahkan masalah dan literasi digital. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kreativitas pemecahan masalah dan literasi digital siswa masih terkategori rendah. Rendahnya kreativitas dan pemecahan masalah disebabkan kurangnya siswa dalam menghasilkan gagasan baru minimnya pengalaman bahan ajar dan metode pembelajaran yang tidak efektif dalam memberdayakan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Literasi digital yang minim akan berdampak pada kreativitas siswa dalam menggunakan teknologi informasi untuk pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif keterampilan memecahkan masalah dan literasi digital siswa tergolong rendah serta belum ada bahan ajar yang mampu melatih keterampilan berpikir kreatif keterampilan memecahkan masalah dan literasi digital. Sehingga perlu pengembangan bahan ajar yang inovatif agar siswa termotivasi dalam pembelajaran. Oleh karena itu dalam penelitian ini dikembangkan e-module berbasis problem-based learning materi perubahan lingkungan yang diharapkan dapat memberdayakan adalah keterampilan berpikir kreatif keterampilan memecahkan masalah dan literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-module berbasis problem-based learning materi perubahan lingkungan yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif keterampilan memecahkan masalah dan literasi digital. Produk e-module dikembangkan mengikuti tahap model pengembangan Lee amp Owens (2004) yaitu analysis design development implementation dan evaluation. E-module yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi ahli media bahan ajar dan praktisi pendidikan Biologi serta diuji cobakan sebanyak tiga kali untuk mengetahui kepraktisannya. Jenis data penelitian ini berupa kualitatif dan kuantitatif. Data validitas dan kepraktisan dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif yang dipersentasekan sedangkan data pretest dan posttest keterampilan berpikir kreatif keterampilan memecahkan masalah dan literasi digital dianalisis menggunakan uji ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-module berbasis PBL telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan serta layak digunakani. Hasil validasi oleh ahli materi didapatkan hasil 100% validasi oleh ahli media bahan ajar sebesar 97% validitas oleh praktisi lapangan rerata kevalidan 96 5% ketiganya termasuk dalam kategori sangat valid. Nilai uji kepraktisan yang diperoleh dari guru Biologi adalah 92 72%. Nilai kepraktisan yang didapatkan dari uji coba perorangan dan kelompok kecil sebesar 94 65% uji coba lapangan nilai kepraktisannya sebesar 92 72% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil uji ANCOVA keterampilan berpikir kreatif menunjukkan p-value 0 00 keterampilan pemecahan masalah p-value 0 03 dan literasi digital p-value 0 02. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa e-module perubahan lingkungan berbasis PBL sangat valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346983

Actions (login required)

View Item View Item