Wati, Anastasya Febrina Enggar (2023) Pengembangan e-module pencemaran lingkungan berbasis problem-based learning (PBL) berkonteks socio-scientific issues (SSI) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, keterampilan argumentasi dan literasi lingkungan mahasiswa / Anastasya Febrina Enggar Wati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan pada abad ke-21 memiliki peran penting untuk meningkatkan keterampilan peserta didik agar mampu beradaptasi dengan perubahan zaman. Peserta didik perlu menguasai keterampilan abad ke-21 agar dapat berkontribusi dalam kehidupan nyata. Salah satunya untuk memecahkan masalah lingkungan yang termasuk salah satu tantangan global. Permasalahan lingkungan merupakan dampak dari aktivitas manusia yang kurang memperhatikan kondisi dan kelestarian lingkungan. Oleh karena itu diperlukan proses pembelajaran yang mampu menstimulus peserta didik untuk mengembangkan kemampuan literasi lingkungan dengan memecahkan permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar dalam proses diskusi dan berargumentasi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-module pencemaran lingkungan berbasis PBL-SSI yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah keterampilan argumentasi dan literasi lingkungan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan Lee amp Owens dengan lima tahapan yaitu assessment/analysis design development implementation dan evaluation. Sampel penelitian ini adalah satu kelas mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang yang sedang menempuh mata kuliah ekologi. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Materi yang dikembangkan dalam e-module berfokus pada topik pencemaran lingkungan. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu e-module pencemaran lingkungan berbasis PBL-SSI dinyatakan valid praktis dan dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah keterampilan argumentasi dan literasi lingkungan mahasiswa dengan kategori keefektifan sedang. Hal ini dapat terjadi karena setiap indikator keterampilan pemecahan masalah keterampilan argumentasi dan literasi lingkungan dilatihkan pada setiap langkah pembelajaran model PBL yang berfokus pada permasalahan sosial-ilmiah (SSI) dalam e-module berbasis website. Integrasi SSI dalam pembelajaran dapat mendukung proses berpikir mahasiswa yang lebih kompleks. E-module berbasis website memiliki kelebihan yaitu lebih banyak fitur menarik dan dapat membuat proses pembelajaran lebih interaktif. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah e-module pencemaran lingkungan berbasis PBL-SSI telah valid praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah keterampilan argumentasi dan literasi lingkungan mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346982 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |