Harisatyma, Nur Khofifa Ayu (2023) Pengaruh model problem oriented project based learning (popbl) terhadap keterampilan berpikir kritis, kreatif dan komunikasi siswa Kelas x SMAN 1 Pondidaha, Konawe, Sulawesi Tenggara / Nur Khofifa Ayu Harisatyma</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kehidupan abad 21 menuntut pendidikan untuk meningkatkan beragam keterampilan diantaranya berpikir kritis kreatif dan komunikasi. Berdasarkan beberapa literatur menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis kreatif dan komunikasi siswa Indonesia masih berada pada kategori rendah. Problem Oriented Project Based Learning (POPBL) merupakan salah satu metode pembelajaran yang mampu meningkatkan bebeberapa keterampilan abad 21. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POPBL terhadap keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi siswa. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimental (eksperimen semu) dengan desain penelitian pretest posttest non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-B sebagai kelas eksperimen dengan diberi perlakuan model pembelajaran POPBL dan kelas X-C sebagai kelas kontrol dengan diberi perlakuan model pembelajaran PBL. Keseluruhan Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara statistik dengan uji hipotesis menggunakan Anakova (Analysis of Covariance). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Oriented Project Based Learning (POPBL) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi. Untuk itu sekolah dapat menjadikan POPBL sebagai referensi model pembelajaran baru untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan siswa yang relevan dengan abad 21.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346977 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |