Pangestu, Silvi Dwi (2023) Hubungan antara kesadaran metakognisi, kemampuan penalaran analogi, dan self efficacy dengan literasi lingkungan siswa di MAN 1 Kota Malang / Silvi Dwi Pangestu</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Masalah lingkungan yang terjadi saat ini tidak terlepas dari kondisi atau interaksi manusia dengan lingkungannya baik lingkungan biotik maupun abiotik. Saat ini di Indonesia masih banyak terjadi permasalahan lingkungan dikarenakan rendahnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya. Rendahnya kepedulian masyarakat Indonesia terhadap lingkungannya juga dapat dipengaruhi oleh kurangnya kesadaran lingkungan yang dimiliki. Pemerintah menangani berbagai permasalahan lingkungan ini dengan serius melalui komitmen dalam menjaga keseimbangan lingkungan dari kerusakan melalui pendidikan. Melalui pendidikan pemerintah menyisipkan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di semua mata pelajaran tentang kependudukan dan lingkungan yang terintegrasi dalam Kurikulum. Individu yang memiliki literasi lingkungan akan memiliki sikap peduli terhadap lingkungannya. Peningkatan efektivitas kesadaran lingkungan peserta didik berhubungan dengan tingkat pemahaman bagaimana fungsi pemikiran mereka artinya mereka harus memahami bagaimana melaksanakan beberapa tugas kognitif yang penting yaitu mengingat belajar dan memecahkan masalah terutama masalah lingkungan yang terjadi di sekitar mereka. Selain kesadaran metakognisi kemampuan penalaran analogi juga menjadi hal penting yang dapat memengaruhi terbentuknya literasi lingkungan pada peserta didik. Analogi merupakan perwujudan suatu hal yang beda dan adanya perbandingan dengan tujuan mencari persamaan tanpa melihat perbedaannya. Literasi lingkungan pada peserta didik selain dipengaruhi oleh aspek kognitif juga dipengaruhi oleh kepribadian peserta didik. Kepribadian individu berkaitan erat dengan self efficacy individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kesadaran metakognisi siswa di MAN 1 Kota Malang (2) tingkat kemampuan penalaran analogi siswa di MAN 1 Kota Malang (3) tingkat self efficacy siswa di MAN 1 Kota Malang (4) tingkat literasi lingkungan siswa di MAN 1 Kota Malang (5) perbedaan tingkat kesadaran metakognisi antara siswa peminatan MIPA dan IPS (6) perbedaan tingkat kemampuan penalaran analogi antara siswa peminatan MIPA dan IPS (7) perbedaan tingkat self efficacy antara siswa peminatan MIPA dan IPS (8) perbedaan tingkat literasi lingkungan antara siswa peminatan MIPA dan IPS (9) hubungan langsung secara signifikan antara kesadaran metakognisi dengan self efficacy siswa di MAN 1 Kota Malang (10) hubungan langsung secara signifikan antara kemampuan penalaran analogi dengan self efficacy siswa di MAN 1 Kota Malang (11) hubungan langsung secara signifikan dan simultan antara kesadaran metakognisi dan kemampuan penalaran analogi dengan self efficacy siswa di MAN 1 Kota Malang (12) Apakah ada hubungan langsung secara signifikan antara kesadaran metakognisi dengan literasi lingkungan siswa di MAN 1 Kota Malang (13) hubungan langsung secara signifikan antara kemampuan penalaran analogi dengan literasi lingkungan siswa di MAN 1 Kota Malang (14) hubungan langsung secara signifikan antara self efficacy dengan literasi lingkungan siswa di MAN 1 Kota Malang (15) hubungan langsung secara signifikan antara kesadaran metakognisi dengan literasi lingkungan melalui self efficacy siswa di MAN 1 Kota Malang (16) hubungan langsung secara signifikan antara kemampuan penalaran analogi dengan literasi lingkungan melalui self efficacy siswa di MAN 1 Kota Malang (17) hubungan langsung secara signifikan dan simultan antara kesadaran metakognisi kemampuan penalaran analogi dan self efficacy dengan literasi lingkungan siswa di MAN 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantittaif dengan jenis survey research. Sampel pada penelitian ini berjumlah 233 siswa yang terdiri dari siswa kelas XI dan XII peminatan MIPA maupun IPS. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan sampel menggunakan inventori dan tes kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian (1) tingkat kesadaran metakognisi siswa di MAN 1 kota Malang termasuk kategori sedang (2) tingkat kemampuan penalaran analogi siswa di MAN 1 kota Malang termasuk kategori sedang (3) tingkat self efficacy siswa di MAN 1 kota Malang termasuk kategori sedang (4) tingkat literasi lingkungan siswa di MAN 1 kota Malang termasuk kategori sedang (5) tingkat kesadaran metakognisi siswa di MAN 1 kota Malang baik peminatan MIPA maupun IPS tidak ada perbedaan dan termasuk kategori sedang (6) tingkat kemampuan penalaran analogi siswa di MAN 1 kota Malang baik peminatan MIPA maupun IPS tidak ada perbedaan dan termasuk kategori sedang (7) tingkat self efficacy siswa di MAN 1 kota Malang baik peminatan MIPA maupun IPS tidak ada perbedaan dan termasuk kategori sedang (8) tingkat literasi lingkungan siswa di MAN 1 kota Malang baik peminatan MIPA maupun IPS tidak ada perbedaan dan termasuk kategori sedang (9) ada hubungan langsung yang signifikan antara kesadaran metakognisi dengan self efficacy siswa di MAN 1 Kota Malang (10) ada hubungan langsung yang signifikan antara kemampuan penalaran analogi dengan self efficacy siswa di MAN 1 Kota Malang (11) ada hubungan langsung secara simultan dan signifikan antara kesadaran metakognisi dan kemampuan penalaran analogi dengan self efficacy siswa di MAN 1 Kota Malang (12) ada hubungan langsung yang signifikan antara kesadaran metakognisi dengan literasi lingkungan siswa di MAN 1 Kota Malang (13) ada hubungan langsung yang signifikan antara kemampuan penalaran analogi dengan literasi lingkungan siswa di MAN 1 Kota Malang (14) tidak ada hubungan langsung yang signifikan antara self efficacy dengan literasi lingkungan siswa di MAN 1 Kota Malang (15) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara kesadaran metakognisi dengan literasi lingkungan melalui self efficacy siswa di MAN 1 Kota Malang (16) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara kemampuan penalaran analogi dengan literasi lingkungan melalui self efficacy siswa di MAN 1 Kota Malang (17) ada hubungan langsung secara simultan dan signifikan antara kesadaran metakognisi kemampuan penalaran analogi dan self efficacy dengan literasi lingkungan siswa di MAN 1 Kota Malang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |