Pengembangan e-module keanekaragaman makhluk hidup di kawasan sumberawan singosari untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa / Ina Aodiyah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module keanekaragaman makhluk hidup di kawasan sumberawan singosari untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa / Ina Aodiyah</p>

Aodiyah, Ina (2023) Pengembangan e-module keanekaragaman makhluk hidup di kawasan sumberawan singosari untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa / Ina Aodiyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aodiyah Ina. 2023. Pengembangan E-Module Keanekaragaman Makhluk Hidup di Kawasan Sumberawan Singosari untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing I (I) Dr. Sulisetijono M.Si. (II) Prof. Dr. Murni Sapta Sari M.Si. Kata kunci e-module keanekaragaman makhluk hidup Sumberawan ketrampilan komunikasi keterampilan kolaborasi hasil belajar kognitif Keterampilan 4C memiliki peran penting dalam membentuk generasi baru untuk mencapai cakap hidup abad 21. Salah satu keterampilan 4C tersebut adalah keterampilan komunikasi dan kolaborasi. Kedua keterampilan memiliki nilai esensial hingga tercantum dalam tujuan pembelajaran fase E di kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan tingkat pendidikan Indonesia. Fakta dilapangan hasil ujian biologi pada tahun 2019 memiliki rata-rata 50 61 yang terkategori rendah. Nilai kademik yang serupa juga terjadi pada tes akademik siswa baru di SMA Al Muslim Jawa Timur yang memiliki nilai rata-rata 50 38. Nilai akademik siswa terintegrasi dalam kesuksesan keterampilan komunikasi dan kolaborasi (Spies 2018). Guru perlu melakukan sebuah inovasi untuk meningkatkan skill dan pemahaman siswa khususnya pada bidang keilmuan biologi salah satunya cara yang dapat dilakukan adalah menentukan model pembelajaran dan media pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa. E-module yang terintegrasi model pembelajaran PjBL merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang mampu meningkatkan nilai kecakapan siswa abad 21 (Santika 2020). Tujuan dari penelitian yaitu 1) untuk menghasilkan e-module keanekaragaman makhluk hidup yang valid dan praktis terhadap keterampilan komunikasi keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif pada siswa Kelas X SMA Al-Muslim Jawa Timur. 2) untuk mendeskripsikan efektifitas e-module terhadap keterampilan komunikasi keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif pada siswa Kelas X SMA Al-Muslim Jawa Timur sebelum dan sesudah menggunakan e-module keanekaragaman makhluk hidup. Penelitian ini terdiri atas dua tahap yaitu penelitian eksplorasi dan penelitian pengembangan media oleh Lee and Owens. Penelitian eksplorasi dilakukan di area Sumberawan Singosari untuk mendapatkan konten pendukung materi keanekaragaman makhluk hidup. Pengembangan media menurut Lee and Owens (2004) terdiri atas 5 langkah yaitu menganalisis mendesain mengembangkan mengimplementasikan dan mengevaluasi. E-module divalidasi oleh tiga ahli yaitu ahli media dan bahan ajar ahli materi dan ahli praktisi biologi. Setelah itu dilakukan uji pendahuluan kepada siswa yang telah menempuh mata pelajaran keanekaragaman makhluk hidup. Hasil penelitian didapatkan bahwa e-module memiliki nilai validasi yang valid dengan rincian nilai dari ahli media dan bahan ajar didapatkan skor 87 5 ahli materi didapatkan skor 89 dan ahli praktisi biologi didapatkan skor 94 6. Ketiga skor dari para ahli terkategori valid yang berarti e-module memiliki nilai positif untuk diimplementasikan. Pada bidang kepraktisan memiliki skor sebesar 90 pada aspek kemudahan pengguna skor 90 8 pada aspek efektivitas dan skor 90 6 pada aspek manfaat. Pada uji kefektifan e-module terhadap keterampilan komunikasi memiliki nilai signifikansi sebesar 0.023 lt 0.05 uji statistik ANCOVA keterampilan kolaborasi sebesar 0.044 lt 0.05 dan uji statistik hasil belajar kognitif sebesar 0.000 gt 0.05. Saran yang dapat diberikan yaitu pembaharuan e-module yang dapat diakses secara offline serta masih dibutuhkan penelitian eksplorasi lanjutan untuk mendapatkan jenis amfibi di area Sumberawan.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346974

Actions (login required)

View Item View Item