Dewi, Sinta Kusuma (2023) Pengembangan e-module mitigasi bencana berbasis problem based learning untuk melatih literasi kesiapsiagaan bencana dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan Kelas x SMA / Sinta Kusuma Dewi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
E-module merupakan media pembelajaran yang dirancang untuk membantu siswa dalam menemukan dan memecahkan masalah secara mandiri serta dapat digunakan secara praktis dan fleksibel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-module mitigasi bencana terintegrasi berbasis PBL pada materi perubahan lingkungan yang valid praktis dan efektif. Pengembangan E-module menggunakan model pengembangan oleh (Lee amp Owens 2004). E-module divalidasi oleh ahli materi ahli media pembelajaran ahli pendidikan biologi dan praktisi. Hasil validasi menunjukkan skor rata-rata sebesar 4.44 yang berati E-module layak digunakan dengan revisi kecil. Selanjutnya E-module diuji kelayakannya dengan melakukan ujicoba kepada siswa dalam uji coba perorangan kelompok kecil dan uji coba lapangan. Uji perseorangan mendapatkan skor sebesar 3 44 dan kemudian produk direvisi serta diujikan kembali pada kelompok kecil yang mendapatkan skor 4 10. Selanjutnya pada uji coba lapangan E-module diterapkan dalam pembelajaran biologi pada kelas eksperimen. Pada kelas kontrol diberikan pembelajaran menggunakan model PBL tanpa menggunakan E-module sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan model PBL serta di dukung dengan penggunakan E-module. Hasil uji lapang pada kelas eksperimen mendapatkan skor kelayakan sebesar 4 61 yang berati produk layak digunakan dengan sedikit revisi kecil. Keefektifan dari penggunaan E-module dilihat berdasarkan berdasarkan peningkatan literasi kesiapsiagaan bencana serta berpikir kritis yang dianalisis menggunakan uji N-Gain. Analisis uji N-Gain menggunakan hasil skor dari pretest dan posttest pada kelas kontrol dan eksperimen. Hasil uji N-Gain terhadap literasi kesiapsiagaan bencana diukur menggunakan angket literasi kesiapsiagaan dengan jumlah butir pertanyaan sebanyak 30 soal. Diketahui bahwa rata-rata skor literasi kesiapsiagaan kelas eksperimen eksperimen sebesar 0 73 menurut klasifikasi yaitu tingkat literasi kesiapsiagaan siswa tinggi. Sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 0 32 yang menurut klasifikasi literasi siswa termasuk rendah-medium. Dapat diketahui bahwa penggunaan E-module pada kegiatan pembelajaran memberikan dampak positif dalam meningkatkan literasi kesiapsiagaan bencana pada siswa. Keefektifan E-module juga dilihat dari hasil analisis berpikir kritis yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest dalam bentuk soal essay sejumlah 10 soal dan dinilai menggunakan rubrik berpikir kritis. Hasil skor kemudian diuji N-gain yang menghasilkan skor kelas eksperimen sebesar 0 72 yang menurut klasifikasi yaitu tinggi. Sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 0 52 menurut klasifikasi medium-tinggi. Penggunaan E-module pada kegiatan pembelajaran memberikan dampak positif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346973 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |