Pengaruh problem oriented project based learning berbantuan science reflective journal writing terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan argumentasi siswa SMP Negeri 8 Bandar Baru-Aceh / Mursyidah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh problem oriented project based learning berbantuan science reflective journal writing terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan argumentasi siswa SMP Negeri 8 Bandar Baru-Aceh / Mursyidah</p>

Mursyidah (2023) Pengaruh problem oriented project based learning berbantuan science reflective journal writing terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan argumentasi siswa SMP Negeri 8 Bandar Baru-Aceh / Mursyidah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based oriented project based learning (POPBL) yang diintegrasikan dengan science reflective journal writing (SRJ) terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Baru. Penelitian ini tergolong jenis penelitian pre eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Baru yang terdiri atas 1 kelas berjumlah 24 siswa dengan sampel sebanyak 24 responden yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari ATP Modul ajar lembar kerja peserta didik lembar observasi keterlaksanaan sintaks tes keterampilan berpikir kritis dan tes keterampilan argumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t berpasangan untuk uji dua sisi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan argumentasi siswa yang diajarkan melalui model POPBL dengan SRJ yang dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar 0 000 lt 0 05.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346972

Actions (login required)

View Item View Item