Choirunnisa', Lely (2023) Pengembangan e-modul keanekaragaman hayati berbasis model pembelajaran remap-tps untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa Kelas x SMA Negeri 10 Kota Malang / Lely Choirunnisa\'</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah yang dimiliki siswa SMA 10 Malang masih tergolong rendah. Hal ini berdasarkan hasil tes keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah yang masih rendah dengan masing-masing presentase sebesar 31% dan 41%. Rendahnya tingkat keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan siswa disebabkan karena sumber belajar yang digunakan masih sulit dipahami dan kurang menarik. Faktor lainnya yaitu guru belum mengukur keterampilan berpikir siswa serta dilengkapi dengan instrumennya. Salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalah dari rendahnya keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa yaitu dengan menggembangkan sebuah modul elektronik dengan materi yang kontekstual (keanekaragaman hayati) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan e-module keanekaragaman hayati berbasis Remap-TPS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang valid praktis dan efektif. Jenis model pengembangan yang digunakan yakni model pengembangan Lee amp Owens (2004) terdiri atas 5 tahap yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Tahapan implementasi menggunakan rancangan pre-experimental design. E-modul Keanekaragaman hayati valid setelah diuji oleh validator ahli materi ahli media dan praktisi pendidikan. E-modul Keanekaragaman hayati juga praktis setelah diuji berdasarkan respon guru respon siswa uji coba dan respon siswa kelas implementasi. Data hasil penilaian keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah diambil dengan menggunakan instrument tes. Analisis data dihitung dengan menggunakan N-Gain score. Hasil didapatkan bahwa e-module Keanekaragaman Hayati berbasis Remap TPS efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah dengan skor N- Gain masing-masing sebesar 0 6 dan 0 5 yang termasuk kategori keefektifan sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346970 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |