Rochmah, Azizah Nur (2023) Pengembangan modul elektronik berbasis pjbl berbantuan augmented reality untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan literasi sains pada materi angiospermae / Azizah Nur Rochmah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan kolaborasi dan literasi sains mahasiswa pada materi Angiospermae belum berkembang secara maksimal. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase keterampilan kolaborasi sebesar 67% dan nilai literasi sains sebesar 39. Guna meningkatkan keterampilan kolaborasi dan literasi sains dibutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan. Bahan ajar tersebut harus menggunakan teknologi terbaru agar hasil yang diharapkan semakin meningkat. Bahan ajar yang sesuai adalah Modul Elektronik berbantuan Augmented Reality. Modul Elektronik yang dikembangkan menerapkan model PjBL dimana dalam kegiatan pembelajaran tersebut mahasiswa harus melakukan kolaborasi dengan anggota kelompok dan literasi sains akan secara tidak langsung akan meningkat. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah Model Lee amp Owens dengan pertimbangan yaitu pengembangan yang dilakukan terpusat pada media pembelajaran. Subyek dalam penelitian sebanyak 73 mahasiswa Departemen Biologi angkatan 2021 tanpa pengaruh usia gender dan program studi. Pada pengembangan Modul Elektronik berbasis PjBL berbantuan Augmented Reality dilakukan pengukuran kevalidan kepraktisan dan keefektifan produk. Pengukuran keterampilan kolaborasi dilakukan dengan metode observasi dengan tiga observer selama 5 pertemuan. Pengukuran literasi sains dilakukan menggunakan soal yang memuat indikator literasi sains selama 5 pertemuan. Data yang diperoleh dalam penelitian dan pengembangan adalah data kuantitatif berupa data validasi produk dan data validasi pengembangan produk dan data kualitatif komentar dan saran dari berbagai validator. Produk yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid berdasarkan hasil uji kevalidan materi oleh ahli materi sebesar 100% hasil uji kevalidan oleh ahli media dan bahan ajar sebesar 96% dan hasil uji kevalidan oleh ahli praktisi pendidikan biologi sebesar 100% cukup praktis berdasarkan kepraktisan sebesar 83% dan cukup efektif berdasarkan uji keefektifan sebesar 0 6 dengan kriteria cukup praktis alam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan literasi sains mahasiswa departemen biologi sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran materi Angiospermae dalam matakuliah SPT II. Pengembangan produk yang dilakukan tidak terlepas dari kekurangan yang dimiliki. Kekurangan tersebut adalah saat aplikasi pendukung Struktur Bunga digunakan kecepatan dalam proses scan atau scanning masih medium sehingga masih membutuhkan fokus yang lebih lama gambar AR terkadang terbalik dan ada satu gambar yang tidak sesuai dengan gambar referensi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346968 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |