Windartianto, Putri (2023) Pengembangan e-module pengendalian hayati berbasis kajian tanaman refugia untuk melatih motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan pemecahan masalah pada mahasiswa / Putri Windartianto</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan mempunyai peran penting dalam mempersiapkan generasi muda yang memiliki keberdayaan dan kecerdasan emosional tinggi. Peserta didik di abad ke-21 harus dapat mengembangkan dan menerapkan keterampilan baru dalam mempersiapkan diri dalam dunia yang selalu berubah. Arah keterampilan abad ke-21 adalah untuk membina peserta didik menerapkan teknologi untuk berpikir kritis dan kreatif dan mengembangkan keterampilan. Keberhasilan keterampilan yang diterapkan dipengaruhi oleh motivasi yang dimiliki oleh peserta didik. Jika seorang peserta didik termotivasi terhadap suatu pelajaran maka peserta didik tersebut akan menerima mata pelajaran tersebut dengan sangat baik kemudian bersedia melakukan segala kegiatan pembelajaran dengan maksimal. Motivasi belajar yang tinggi diikuti dengan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran sehingga memiliki keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah yang baik. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan kepada dosen pengampu Matakuliah Pengendalian hayati Universitas Negeri Malang melalui angket yang diberikan menyatakan bahwa motivasi pada mahasiswa masih terhitung rendah sehingga keterampilan yang dimiliki belum maksimal. Mahasiswa juga belum memenuhi setiap indikator dari keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah. Hasil analisis kebutuhan yang dilakukan kepada 18 mahasiswa yaitu sebesar 39 9% mahasiswa menyatakan sangat setuju bahwa mereka mempunyai ketertarikan untuk mempelajari pengendalian hayati namun sebanyak 44 4% menyatakan bahwa mereka ragu bersikap percaya diri untuk memperoleh hasil yang maksimal sehingga dapat dikatakan motivasi mereka masih rendah. Hasil keterampilan berpikir kritis menunjukkan rerata skor mahasiswa memperoleh 41 9 sedangkan keterampilan pemecahan masalah memperoleh rerata skor 40 3 yang keduanya masuk dalam kategori rendah. Perbedaan hasil analisis kebutuhan pada setiap mahasiswa juga dipengaruhi oleh karakter masing-masing mahasiswa. Kegiatan belajar mengajar dalam pengembangan karakter mahasiswa dapat menggunakan pendekatan kontekstual sebagai kerangka pembelajaran yang membantu dosen dan mahasiswa untuk menghubungkan materi yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga mahasiswa dapat membuat hubungan antara pengetahuan yang dikuasai dengan pengetahuan yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Rendahnya motivasi dan keterampilan yang dimiliki mahasiswa juga dipengaruhi oleh tidak adanya bahan ajar yang dikembangkan untuk matakuliah Pengendalian Hayati Hal tersebut didukung oleh pernyataan dosen pengampu matakuliah bahwa belum ada bahan ajar khusus yang dikembangkan selama ini hanya memanfaatkan jurnal dan artikel yang ada. Berdasarkan permasalahan di atas perlu dilakukan upaya untuk melatih motivasi belajar keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa dalam matakuliah pengendalian hayati. Salah satunya melalui pengembangan bahan ajar yang inovatif. Bahan ajar yang digunakan pada era digital seperti saat ini adalah e-module. Adanya bahan ajar yang dieksplorasi dari potensi lokal dan dituangkan dalam bentuk bahan ajar e-module berbasis PBL yang digunakan dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif sehingga peserta didik termotivasi dalam belajar. PBL merupakan pendekatan yang berpusat pada peserta didik di mana peserta didik belajar sambil terlibat aktif dalam memecahkan masalah yang bermakna. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk 1). menghasilkan produk e-module pengendalian hayati berbasis problem based learning (PBL) untuk melatih motivasi belajar keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah pada mahasiswa yang valid dan praktis 2). menguji validitas produk e-module pengendalian hayati berbasis problem based learning (PBL) untuk melatih motivasi belajar keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah pada mahasiswa 3). menguji kepraktisan produk e-module pengendalian hayati berbasis problem based learning (PBL) untuk melatih motivasi belajar keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah pada mahasiswa. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Lee and Owens (2004) yang terdiri dari lima tahap yaitu penilaian dan analisis (assessment/analysis) yang terdiri dari analisis kebutuhan (need assessment) dan analisis awal-akhir (front-end analysis) perancangan (design) pengembangan (development) implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Konten dalam e-module berdasarkan hasil studi pustaka melalui berbagai sumber yaitu jurnal buku dan hasil penelitian untuk mengembangkan bahan ajar yang dieksplorasi dari potensi lokal untuk mahasiswa biologi Universitas Negeri Malang. E-module divalidasi oleh ahli materi ahli media dan bahan ajar ahli pembelajaran dan ahli praktisi pendidikan biologi. E-module kemudian diujicobakan kepada mahasiswa yang sudah menempuh matakuliah pengendalian hayati untuk mengetahui kepraktisannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan berupa e-module pengendalian hayati berbasis PBL telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan serta layak digunakan sebagai bahan ajar matakuliah pengendalian hayati. Hasil validasi oleh ahli materi didapatkan hasil 100% validitas oleh praktisi lapangan rerata kevalidan 100% validasi oleh ahli media dan bahan ajar rerata kevalidan sebesar 98% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Nilai uji kepraktisan yang diperoleh dari dosen adalah 100%. Nilai kepraktisan yang didapatkan dari uji coba perorangan sebesar 85% uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan nilai kepraktisannya sebesar 88% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil N-gain pada motivasi belajar menunjukkan nilai 0 52 keterampilan berpikir kritis 0 63 dan keterampilan pemecahan masalah 0 66. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa e-module pengendalian hayati berbasis PBL sangat valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346965 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |