Ariani, Nicky Nur Fitri (2023) Pengembangan e-module pengendalian hayati berbasis penelitian arthropoda musuh alami untuk melatih keterampilan pemecahan masalah, kolaborasi dan sikap lingkungan mahasiswa / Nicky Nur Fitri Ariani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abad ke-21 merupakan era digital yang ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEKS). Pencapaian dari lulusan program pendidikan sarjana berdasarkan KKNI level 6 adalah mahasiswa mampu mengaplikasikan bidang keahlian dan memanfaatkan IPTEKS dalam penyelesaian masalah. Matakuliah biologi yang harus mengacu pada KKNI adalah matakuliah Pengendalian Hayati. Matakuliah ini memiliki salah satu capaian pembelajaran yaitu mahasiswa memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah pembelajaran biologi hal ini sesuai dengan ranah keterampilan khusus yang harus dimiliki mahasiswi S1 Biologi Universitas Negeri Malang. Keterampilan khusus yang diharapkan berkembang pada mahasiswa matakuliah pengendalian hayati yaitu keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan kolaborasi. Selain itu pendidikan karakter juga diharapkan berkembang pada matakuliah pengendalian hayati salah satunya yaitu sikap lingkungan. Berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan kepada mahasiswa yang sudah menempuh matakuliah pengendalian hayati di Universitas Negeri Malang keterampilan pemecahan masalah keterampilan kolaborasi dan sikap lingkungan mahasiswa mahasiswa sudah dilakukan namun belum memenuhi indikator keterampilan pemecahan masalah keterampilan kolaborasi dan sikap lingkungan. Pada keterampilan pemecahan masalah terlihat 72 2% mahasiswa belum mampu atau bahkan ragu-ragu dalam mengidentifikasi suatu strategi memecahkan masalah. Berdasarkan pengukuran soal pemecahan masalah yang disesuaikan dengan rubrik pemecahan masalah didapatkan hasil 44 89% dan termasuk golongan rendah. Pada keterampilan kolaborasi 83 3% mahasiswa hanya membagi tugas pada setiap anggota kelompok lalu mahasiswa bekerja secara sendiri-sendiri tanpa melakukan diskusi. Sikap lingkungan mahasiswa sering dilatih oleh dosen namun hasilnya belum maksimal hal ini ditunjukkan dengan 54 2% mahasiswa merespon tidak menerima pernyataan yang mendukung sikap lingkungan. Rendahnya sikap lingkungan mahasiswa disebabkan karena pembelajaran pada mata kuliah Pengendalian Hayati yang dilakukan belum mengintegrasikan sikap lingkungan yang maksimal. Berdasarkan uraian diatas salah satu langkah untuk melatih keterampilan pemecahan masalah keterampilan kolaborasi dan sikap lingkungan mahasiswa yaitu dengan penggunaan bahan ajar. Bahan ajar berupa modul elektronik (e-module) dapat membantu dosen agar mahasiswa lebih aktif dan mandiri dalam proses belajar. E-Module dikembangkan berdasarkah hasil penelitian Arthropoda musuh alami sesuai dengan Sub-CPMK mata kuliah Pengendalian hayati. E-Module juga dikembangkan berdasarkan model pembelajaran PBL. Pembelajaran berbasis PBL dirancang untuk digunakan pada masalah kompleks yang diperlukan mahasiswa dalam melakukan investigasi dan memahami materi peran predator dan parasitoid sebagai musuh alami dalam pengendalian hayati. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk 1) mengembangkan produk e-module arthropoda musuh alami pada tanaman padi berbasis PBL untuk melatih keterampilan pemecahan masalah keterampilan kolaborasi dan sikap lingkungan mahasiswa yang valid dan praktis. 2) menguji validitas produk e-module arthropoda musuh alami pada tanaman padi berbasis PBL untuk melatih keterampilan pemecahan masalah keterampilan kolaborasi dan sikap lingkungan mahasiswa. 3) menguji kepraktisan produk e-module arthropoda musuh alami pada tanaman padi berbasis PBL untuk melatih keterampilan pemecahan masalah keterampilan kolaborasi dan sikap lingkungan mahasiswa. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model Lee and Owens (2004) yang terdiri dari lima tahapan yaitu (1) penilaian/analisis (assessment/analysis) (2) desain (design) (3) pengembangan (development) (4) implementasi (implementation) dan (5) evaluasi (evaluation). Konten yang disajikan di dalam e-module berdasarkan hasil penelitian keanekaragaman arthropoda musuh alami pada tanaman padi di Desa Ngadirejo Malang. Penyusunan konten didalam e-module akan disesuaikan dua Sub-CPMK yaitu menganalisis peran predator dam parasitoid sebagai musuh alami dalam pengendalian hayati. Kevalidan e-module diuji oleh ahli materi ahli media dan bahan ajar dan ahli praktisi pendidikan biologi. Kemudian diuji cobakan kepada mahasiswa yang sudah menempu matakuliah pengendalian hayati. Kepraktisan e-module dilihat berdasarkan hasil respon mahasiswa serta diperoleh dari hasil tes awal dan tes akhir dari setiap variabel yang diukur. Data perolehan dari nilai keterampilan pemecahan masalah keterampilan kolaborasi dan sikap lingkungan diukur menggunakan rumus N-gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar berupa e-module arthropoda musuh alami pada tanaman padi berbasis PBL telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan dan layak digunakan sebagai bahan ajar. Berdasarkan uji kevalidan oleh ahli materi diperoleh rerata sebesar 100% hasil validasi oleh ahli media dan bahan ajar diperoleh sebesar 98% dan hasil validasi oleh ahli praktisi pendidikan biologi diperoleh sebesar 100%. Nilai kevalidan yang diperoleh dari para ahli termasuk dalam kategori sangat valid. Nilai kepraktisan e-module berdasarkan hasil respon mahasiswa uji coba kelompok perorangan diperoleh sebesar 85% hasil uji coba kelompok besar diperoleh sebesar 87% dan hasil uji coba lapangan sebesar 98% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Uji kepraktisan juga diperoleh dari hasil pretest dan postest dari variabel keterampilan pemecahan masalah kolaborasi dan sikap lingkungan dan data yang diperoleh diukur menggukan N-Gain Score. Hasil N-Gain Score pada keterampilan pemecahan masalah didapatkan hasil rerata sebesar 0 82 nilai N-Gain Score keterampilan kolaborasi didapatkan hasil rerata sebesar 0 82 dan N-Gain Score sikap lingkungan didapatkan hasil rerata sebesar 0 71 dan nilai tersebut dikategorikan tinggi. Berdasarkan data yang sudah dianalisis pada tahap validasi tahap uji kepraktisan dan uji N-Gain yang diperoleh menunjukkan bahwa e-module musuh alami untuk mata kuliah pengendalian hayati sangat valid praktis serta termasuk dalam kategori tinggi sehingga dapat disimpulkam bahwa e-module arthropoda musuh alami dapat digunakan dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346964 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |