Muhaimin, Fahrul Ghani (2023) Pengaruh model pembelajaran ricosre terintegrasi flipped classroom dan locus of control terhadap self-regulated learning dan pemahaman konsep mahasiswa biologi pada mata kuliah keanekaragaman hewan / Fahrul Ghani Muhaimin</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu capaian pembelajaran di perguruan tinggi yaitu menghasilkan sarjana yang mempunyai kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan yaitu kemampuan belajar mandiri (self-regulated learning). Faktanya self-regulated learning mahasiswa di Indonesia masih tergolong rendah salah satunya di Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang yang berdampak juga terhadap pemahaman konsepnya. Hal tersebut dikarenakan mahasiswa masih memiliki ketergantungan pada instruksi dosen dalam belajar faktor psikologis seperti locus of control dan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh dosen. Permasalahan tersebut diharapkan dapat diatasi dengan penerapan pembelajaran RICOSRE terintegrasi flipped classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran RICOSRE terintegrasi flipped classroom terhadap self-regulated learning dan pemahaman konsep mahasiswa 2) pengaruh locus of control terhadap self-regulated learning dan pemahaman konsep mahasiswa dan 3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran RICOSRE terintegrasi flipped classroom dan locus of control terhadap self-regulated dan pemahaman konsep mahasiswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu dengan desain pretest posttest non-equivalent control group. Penelitian dilakukan di mata kuliah Keanekaragaman Hewan di Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang pada bulan Agustus ndash November 2022 dengan populasi seluruh Offering angkatan 2021 dan sampel yang digunakan yaitu offeringg G H dan I sebanyak 104 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan 3 kelas yang ditentukan berdasarkan hasil uji kesetaraan menggunakan nilai mata kuliah Protista yang merupakan salah satu mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah Keanekaragaman Hewan sedangkan penentuan macam perlakuan pada setiap kelas menggunakan teknik simple random sampling. Offering G sebagai kelas kontrol positif yang diberi perlakuan berupa model PBL-FC offering H sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa model RICOSRE-FC dan offering I sebagai kelas kontrol negatif yang diberi perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran sesuai model pembelajaran yang digunakan tes locus of control yang dikembangkan oleh Rotter (1966) lembar Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang dikembangkan oleh Pintrich et al. (1991) untuk mengukur self-regulated learning dan soal essay pemahaman konsep.. Data yang diperoleh kemudian dianalisis statistika deskriptif uji prasyarat berupa uji normalitas data dan uji homogenitas data dan uji hipotesis menggunakan analisis kovarian (ANCOVA) dua jalur yang dilanjutkan dengan uji LSD. Hasil penelitian menunjukkan 1) model pembelajaran RICOSRE terintegrasi flipped classroom berpengaruh terhadap self-regulated learning dan pemahaman konsep mahasiswa 2) locus of control berpengaruh terhadap self-regulated learning dan pemahaman konsep mahasiswa dan 3) interaksi antara model pembelajaran RICOSRE terintegrasi flipped classroom dan locus of control berpengaruh terhadap self-regulated dan pemahaman konsep mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346963 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |