Aji, Yushella Annisa (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran problem oriented project based learning (popbl) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan literasi sains siswa SMA Laboratorium UM Malang / Yushella Annisa Aji</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Aji Yushella Annisa 2022. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Berpikir Kreatif Keterampilan Komunikasi dan Literasi Sains melalui Model Pembelajaran POPBL (Problem Oriented Project Based Learning) di SMA Laboratorium UM Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ibrohim M.Si. (2) Dr. Sueb M.Kes. Kata kunci perangkat pembelajaran POPBL Problem Oriented Project Based Learning keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif keterampilan komunikasi dan literasi sains. Pemberdayaan keterampilan abad ke-21 menjadi hal yang penting untuk dikembangkan pada siswa. Siswa harus memiliki keterampilan berpikir kritis berpikir kreatif keterampilan komunikasi dan literasi sains untuk mengusulkan atau meninjau permasalahan untuk mengatasi tantangan sosial. Hal yang harus dilakukan adalah mengembangkan keterampilan berpikir dan memberikan kesempatan untuk menggali dan mengembangkan siapa dirinya sebagai individu. Hasil observasi di SMA Laboratorium UM Malang menemukan bahwa keterampilan berpikir kritis berpikir kreatif keterampilan komunikasi dan literasi sains termasuk dalam kategori perlu untuk dikembangkan. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif keterampilan komunikasi dan literasi sains adalah Problem Oriented Project Based Learning (POPBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran POPBL materi virus dan bakteri yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan pengembangan model yang terdiri dari analyze design develop implement dan evaluate (ADDIE) yang mana pada setiap tahap melakukan evaluasi. Produk yang dikembangkan pada penelitian ini berupa Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) modul ajar handout Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis berpikir kreatif komunikasi dan literasi sains. Produk yang dikembangkan dilakukan uji validasi yang terdiri dari validator ahli pembelajaran praktisi pembelajaran dan ahli materi. Desain implementasi yang digunakan yaitu non-randomized pretest-postest control group design. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah hasil validasi dan nilai tes awal-tes akhir dari tes berbentuk uraian. Data yang didapatkan dilakukan validasi kepraktisan dan keefektifan produk yang dikembangkan. Uji keefektifan perangkat menggunakan uji anakova satu jalur. Uji persyaratan yang dilakukan sebelum uji anakova adalah uji normalitas homogenitas dan uji linieritas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran POPBL yang valid praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan rerata hasil validasi oleh validator sebesar 92 5% dan praktis dengan rerata nilai sebesar 75 9 (2) terdapat perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif keterampilan komunikasi dan literasi sains antara siswa yang diajarkan menggunakan perangkat pembelajaran POPBL dengan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran PBL. Berdasarkan hasil penelitian sebaiknya penelitian lanjutan pada pengembangan perangkat pembelajaran POPBL pada keterampilan abad ke-21 dan sesuai dengan implementasi kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346962 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |