Pengaruh reading concept mapping-student teams achievement division (remap-stad) berbantuan schoology terhadap keterampilan berpikir kreatif, pemecahan masalah, dan literasi sains di SMAN 1 Kalianget / Iwan Hadiqul Fuad</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh reading concept mapping-student teams achievement division (remap-stad) berbantuan schoology terhadap keterampilan berpikir kreatif, pemecahan masalah, dan literasi sains di SMAN 1 Kalianget / Iwan Hadiqul Fuad</p>

Fuad, Iwan Hadiqul (2023) Pengaruh reading concept mapping-student teams achievement division (remap-stad) berbantuan schoology terhadap keterampilan berpikir kreatif, pemecahan masalah, dan literasi sains di SMAN 1 Kalianget / Iwan Hadiqul Fuad</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fuad Iwan Hadiqul. 2023. Pengaruh Reading Concept Mapping-Student Teams Achievement Division (REMAP-STAD) Berbantuan Schoology Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Pemecahan Masalah dan Literasi Sains di SMAN 1 Kalianget. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. (II) Prof. Dr. Susriyati Mahanal M.Pd Kata kunci REMAP-STAD berpikir kreatif pemecahan masalah dan literasi sains. Perkembangan abad ke-21 menuntut peserta didik untuk menguasai berbagai macam kompetensi dan keterampilan agar dapat bersaing di dunia pendidikan. Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan sejumlah kompetensi literasi dan karakter yang didapatkan melalui pembelajaran. Biologi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berkembang dengan cepat. Siswa dalam mempelajari materi biologi membutuhkan kemampuan berpikir. Kenyataannya siswa masih kesulitan mempelajari dan memahami materi biologi yang memiliki cakupan luas dan kompleks. Keterampilan berpikir kreatif pemecahan masalah dan literasi sains termasuk kemampuan penting yang harus dimiliki siswa. Keterampilan ini dibutuhkan untuk membangun strategi berpikir inovatif dalam pembelajaran. Keterampilan berpikir kreatif pemecahan masalah dan Literasi sains peserta didik sebagian besar masih kurang memuaskan. REMAP-STAD berbantuan Schoology adalah model pembelajaran inovatif yang berpotensi mengembangkan Keterampilan berpikir kreatif pemecahan masalah dan Literasi sains peserta didik sebab memiliki tahapan Reading Concept Mapping dan STAD. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara siswa yang dibelajarkan dengan REMAP-STAD berbantuan Schoology dan STAD pada pembelajaran biologi di SMAN 1 Kalianget. (2) untuk mengetahui perbedaan keterampilan pemecahan masalah antara siswa yang dibelajarkan dengan REMAP-STAD berbantuan Schoology dan STAD pada pembelajaran biologi di SMAN 1 Kalianget. (3) untuk mengetahui perbedaan literasi sains antara siswa yang dibelajarkan dengan REMAP-STAD berbantuan Schoology dan STAD pada pembelajaran biologi di SMAN 1 Kalianget. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent pretest-posttest control groups design. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas X di SMAN Kalianget yang terdiri dari 9 kelas. Dua kelas yang terpilih yaitu X1 (N 36) sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan Remap- GI berbantuan Schoologgy X 3 (N 36) sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan STAD. Instrumen untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif pemecahan masalah dan literasi sains menggunakan soal bentuk uraian yang dilengkapi dengan rubrik penskoran. Instrumen perlakuan yang digunakan meliputi ATP modul ajar dan LKPD. Hasil penelitian yang diperoleh diuji menggunakan One-Way ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh model pembelajaran REMAP-STAD berbantuan Schoology terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa didukung dengan nilai rerata terkoreksi berpikir kreatif peserta didik sebesar 78.229 2) ada pengaruh model pembelajaran REMAP-STAD berbantuan Schoology terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa didukung dengan nilai rerata terkoreksi berpikir kreatif peserta didik sebesar 81.337 3) ada pengaruh model pembelajaran REMAP-STAD berbantuan Schoology terhadap literasi sains siswa didukung dengan nilai rerata terkoreksi berpikir kreatif peserta didik sebesar 75.834. Berbeda dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran GI memperoleh nilai rerata terkoreksi keterampilan berpikir kreatif sebesar 72.049 keterampilan pemecahan masalah sebesar 74.552 dan literasi sains sebesar 71 619.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346960

Actions (login required)

View Item View Item