Mustikasari, Novida Wahyu (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi (pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Novida Wahyu Mustikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wahyu Mustikasari Novida. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi (Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sumadi S.E. M.M. (II) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si.Ak. Kata Kunci Pembelajaran Teams Games Tournament aktivitas hasil belajar kepanjen 12288 12288 12288 12288 12288 Kondisi kelas X KU 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas menunjukkan bahwa selama ini pembelajaran akuntansi dilakukan cenderung menggunakan konsep pembelajaran terpusat pada guru sedangkan siswa menerima pembelajaran secara pasif. Siswa bersifat pasif dalam pembelajaran.Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament ini adalah model pembelajaran permainan kelompok yang menggabungkan kelompok belajar dan kompetisi tim. Dalam model ini siswa dapat menumbuhkan kemampuan berpikir mandiri dan keterlibatan aktif mulai tahap awal hingga akhir pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada semester genap pada tahun pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan penedekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I dengan materi menghitung mutasi dana kas kecil. Siklus II dengan materi menghitung selisih dana kas kecil. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X KU 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Analisis data yang digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Data tersebut diperoleh dari teknik wawancara teknik tes teknik observasi dokumentasi dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar langkah langkah yang dapat ditempuh sebagai berikut (1) kegiatan awal guru melakukan persiapan mengabsen siswa menyampaikan kompetensi dan tahap-tahap model pembelajaran teams games tournament memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa. (2) kegiatan inti guru menyampaikan materi membentuk kelompok belajar dan mengadakan tournament. (3) Kegiatan penutup perhitungan poin tournament dan guru bersama-sama siswa memberikan kesimpulan secara garis besar. Penerapan pembelajaran ini disarankan sebaiknya dilakukan oleh guru untuk menerapkan model pembelajaran tersebut supaya pembelajaran dalam kelas lebih bervariasi dan membangun kekompakan antar siswa sehingga meningkatkan aktivitas maupun hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34696 |
Actions (login required)
View Item |