Ine's, Asry (2022) Pengembangan e-module perubahan lingkungan berbasis hasil penelitian kualitas air sungai brantas untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, wawasan lingkungan dan sikap lingkungan siswa SMA / Asry Ine\'s</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan syarat perkembangan kebudayaan. Perbaikan pendidikan pada semua tingkat perlu terus menerus dilakukan sebagai antisipasi kepentingan masa depan dan tuntutan masyarakat modern. Peningkatan kualitas pembelajaran harus didukung perubahan yang mendasar salah satunya adalah keterampilan guru dalam menerapkan bahan ajar dari yang konvensional menjadi bahan ajar yang inovatif. Bahan ajar menjadi salah satu faktor penting yang menentukan efektif tidaknya suatu pembelajaran. Pembelajaran biologi sebagai salah satu bagian dari pendidikan memiliki potensi yang besar dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Salah satu pemanfataan lingkungan adalah dengan mengkaji masalah lingkungan sekitar siswa yakni pencemaran air. Salah satu sungai di Jawa Timur yang mengalami pencemaran adalah Sungai Brantas Malang. Tingkat pencemaran sungai ini telah melewati ambang batas dan berpengaruh negatif terhadap kehidupan biota perairan serta kesehatan penduduk yang memanfaatkan air sungai. Sumber pencemar berasal dari limbah domestik limbah pertanian limbah taman rekreasi limbah pasar limbah hotel limbah rumah sakit dan limbah industri. Awal untuk membekali masyarakat dapat diterapkan melalui sistem pendidikan. Pendidikan di sekolah diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap kualitas air sungai. Tujuan penelitian ini menghasilkan e-module kualitas air Sungai Brantas berbasis Problem-Based Learning (PBL) yang memenuhi syarat kevalidan dan kepraktisan serta menguji keefektifan e-module dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah wawasan lingkungan dan sikap lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian amp pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan Lee amp Owen (2004) yang terdiri dari lima tahap pengembangan yakni Assesment/Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. E-module yang dikembangkan divalidasi oleh validator ahli materi ahli media dan bahan ajar serta praktisi pendidikan biologi. E-module diimplementasikan pada siswa di dua kelas X MIPA SMAN 1 Singosari TA 2021/2022. Penerapan e-module menggunakan desain penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan e-module berbasis PBL sedangkan kelas kontrol dibelajarkan menggunakan buku teks dan model konvensional. Sebelum pembelajaran siswa diberikan soal pretest keterampilan pemecahan masalah wawasan lingkungan dan sikap lingkungan. Setelah kegiatan pembelajaran siswa diberikan soal posttest keterampilan pemecahan masalah wawasan lingkungan dan sikap lingkungan. Pembelajaran dilaksanakan secara luring sebanyak tiga kali pertemuan. Hasil persentase kevalidan e-module menurut validator ahli materi sebesar 100% dengan kategori sangat valid persentase kevalidan e-module menurut validator ahli media dan bahan ajar sebesar 100% dan persentase kevalidan e-module menurut praktisi pendidikan biologi sebesar 100%. Kriteria kepraktisan e-module menurut siswa sebesar 91%. Hasil uji keefektifan e-module menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan pemecahan masalah wawasan lingkungan dan sikap lingkungan siswa antara kelas yang dibelajarkan e-module dengan kelas yang dibelajarkan buku paket.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |