Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning (pbl) berbasis science, technology, engineering and mathematics (stem) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa Kelas x SMA / Selvira Hestari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning (pbl) berbasis science, technology, engineering and mathematics (stem) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa Kelas x SMA / Selvira Hestari</p>

Hestari, Selvira (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning (pbl) berbasis science, technology, engineering and mathematics (stem) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa Kelas x SMA / Selvira Hestari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan berpikir kritis harus ditunjang dengan keterampilan komunikasi agar siswa dapat menyampaikan ide/gagasan yang mereka miliki kepada orang lain. Keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi perlu dilatihkan pada siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Perangkat pembelajaran yang sesuai akan membantu guru dalam menyampaikan materi dan melatihkan keterampilan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan perangkat pembelajaran PBL berbasis STEM yang valid (2) menghasilkan perangkat pembelajaran PBL berbasis STEM yang dapat melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa (3) menguji perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan pembelajaran PBL berbasis STEM. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran dan praktisi lapangan termasuk kategori sangat valid dengan nilai 3 93 dan 3 74 untuk silabus serta 3 72 dan 3 57 untuk RPP. Hasil tes awal dan tes akhir berpikir kritis siswa menunjukkan ada perbedaan signifikan. Keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk kategori sedang. Rerata skor keterampilan komunikasi siswa tergolong baik karena setiap aspek mendekati skor maksimal rata-rata 4 00.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346958

Actions (login required)

View Item View Item