Dewi, Zulvida Indra (2022) Pengembangan e-module discovery learning berbasis hasil penelitian layanan ekosistem pantai duta untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, keterampilan pemecahan masalah, dan sikap peduli lingkungan siswa SMA Kelas x / Zulvida Indra Dewi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perubahan kurikulum tahun 2013 yang terkait dengan upaya untuk mengubah substansi dan proses pembelajaran dalam membentuk peserta didik yang berkarakter dan memiliki daya saing di era industry 4.0. kurikum 2013 saat ini telah mengakomodasi keterampilan abad ke-21 yang diperlukan pada era industry 4.0 yang dapat dilihat pada standar proses kurikum 2013 mengharuskan pendidik untuk menerapkan pembelajaran saintifik namun kenyataannya pembelajaran dikelas masih berpusat pada guru (teacher-centered) yang mengakibatkan peserta didik tidak dapat menguasai keterampilan abad ke-21 dengan optimal. Berdasarkan analsis kebutuhan guru dan siswa yang dilakukan di SMAS Nurul Jadid mengenai keterampilan berpikir kritis keterampilan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan siswa belum optimal. Berdasarkan hal tersebut perlu dikembangkanya media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis keterampilan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangan produk e-module adalah model pengembangan Lee amp Owens yang terdiri dari beberapa tahapan yakni Asessment/analysis Design Development Implementation dan evaluation. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah satu kelompok siswa yakni kelas X MIPA 3 di SMAS Nurul Jadid. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yakni one-group pretest-posttest. Materi yang dikembangkan dalam e-module yakni ekosistem dan perubahan lingkungan. Terdapat 3 uji yang digunakan untuk mengetahui kelayakan pemakaian e-module discovery learning yang dibuat yakni uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan yang dilakukan oleh validator ahli yang terdiri dari ahli materi ahli media dan ahli praktisi Pendidikan Biologi. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli diperoleh hasil bahwa e-module discovery learning berbasis hasil penelitian layanan ekosistem Pantai Duta telah valid dan dapat diimplementasikan. Uji kepraktisan yang dilakukan dengan cara memberikan angket respon kepraktisan siswa. Uji kepraktisan terdiri dari empat tahapan yakni uji coba perorangan (One To One Trial) uji coba kelompok kecil (Small Group trial) uji coba Lapangan (Field Trial) dan uji coba Conduct Pilot Tets dari keempat uji tersebut mendapatkan hasil bahwa e-module layanan ekosistem Pantai Duta praktis digunakan dalam pembelajaran. Uji selanjutnya yakni Uji keefektifan dengan menggunakan rumus N-Gain Score dan Uji Paired Sampel T-test. Hasil analisis data yang diperoleh dari uji keefektifan yakni e-module discovery learning berbasis hasil penelitian layanan ekosistem Pantai Duta dapat meningkatkan keterempilan berpikir kritis dengan kategori keefektifan sedang keterampilan pemecahan masalah dengan kategori keefektifan sedang dan sikap peduli lingkungan dengan kategori keefektifan sedang. Hal ini terjadi karena setiap indikator keterampilan berpikir kritis keterampilan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan dilatihkan pada setiap pertemuan pembelajaran berdasarkan model pembelajaran discovery learning. Penunjang keberhasilan e-module discovery learning ekosistem efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis keterampilan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan siswa karena e-module memiliki banyak fitur seperti materi yang terkait dengan potensi lokal sekitar sekolah diskusi tes formatif dan penilaian. Kesimpulan pada penelitian dan pengembangan ini adalah e-module discovery learning berbasis hasil penelitian layanan ekosistem Pantai Duta efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis keterampilan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan siswa kelas X SMAS Nurul Jadid.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |