Pengaruh model ricosre dan gender terhadap keterampilan socioscientific decision making, berpikir reflektif dan hasil belajar kognitif pada siswa Kelas x SMA Negeri 8 Malang / Putri Rahma Dianti</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model ricosre dan gender terhadap keterampilan socioscientific decision making, berpikir reflektif dan hasil belajar kognitif pada siswa Kelas x SMA Negeri 8 Malang / Putri Rahma Dianti</p>

Dianti, Putri Rahma (2023) Pengaruh model ricosre dan gender terhadap keterampilan socioscientific decision making, berpikir reflektif dan hasil belajar kognitif pada siswa Kelas x SMA Negeri 8 Malang / Putri Rahma Dianti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menggerakkan siswa menjadi individu yang memiliki keterampilan berpikir independen pemecahan masalah sendiri dan mampu mengambil keputusan . Keterampilan mengambil keputusan yang dapat dikembangkan pada pembelajaran Biologi adalah socioscientific decision-making. Keterampilan socioscientific decision-making pada siswa perlu diiringi oleh keterampilan berpikir reflektif. Uji pendahuluan pada kelas X SMAN 8 Malang untuk keterampilan socioscientific decision-making dan berpikir reflektif secara berturut sebesar 48 dengan kategori rendah dan 74 dengan kategori sedang. Keterampilan berpikir reflektif dan pengambilan keputusan dapat mengungkapkan pencapaian hasil belajar kognitif siswa. Hasil belajar dapat ditingkatkan melalui fasilitas pembelajaran berbasis pemecahan masalah. Solusi yang dapat diberikan berdasarkan kebutuhan tersebut adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah yaitu model RICOSRE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (RICOSRE PBL pembelajaran konvensional) terhadap keterampilan socioscientific decision making berpikir reflektif dan hasil belajar kognitif berdasarkan gender yang berbeda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian semu dengan desain penelitian pretest posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 8 Malang. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan uji kesetaraan yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas X1 (RICOSRE) X5 (PBL) dan X2 (Konvensional). Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran lembar angket keterampilan berpikir reflektif dan lembar soal uraian keterampilan socioscientific decision making dan hasil belajar kognitif. Analisis data penelitian menggunakan analisis kovarian (Ancova) dan uji lanjut bebas menggunakan uji Least Significant Different (LSD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaran (RICOSRE PBL dan pembelajaran konvensional) berpengaruh terhadap keterampilan dan hasil belajar kognitif siswa. Model RICOSRE berpotensi paling tinggi terhadap peningkatan keterampilan socioscientific decision making berpikir reflektif dan hasil belajar kognitif. 2) Gender siswa tidak berpengaruh terhadap keterampilan socioscientific decision making berpikir reflektif dan hasil belajar kognitif. 3) Interakasi antara model pembelajaran dan gender tidak berpengaruh terhadap keterampilan socioscientific decision making berpikir reflektif dan hasil belajar kognitif. Saran dari penelitian ini model RICOSRE dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan abad-21 siswa dan menyetarakan keterampilan dan hasil belajar siswa pada gender yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346954

Actions (login required)

View Item View Item