Sifat psikometri gslq (global scientific literacy questionnaire): sebuah studi yang berfokus pada pengujian generalisasi ukuran persepsi literasi saintifik pada siswa SMA / Anisah Mahmudah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Sifat psikometri gslq (global scientific literacy questionnaire): sebuah studi yang berfokus pada pengujian generalisasi ukuran persepsi literasi saintifik pada siswa SMA / Anisah Mahmudah</p>

Mahmudah, Anisah (2022) Sifat psikometri gslq (global scientific literacy questionnaire): sebuah studi yang berfokus pada pengujian generalisasi ukuran persepsi literasi saintifik pada siswa SMA / Anisah Mahmudah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi saintifik merupakan salah satu kompetensi yang penting dimiliki siswa karena nantinya mereka akan berperan dalam kebijakan sosial yang berkaitan dengan sains dan teknologi. Siswa perlu mengembangkan kompetensi literasi saintifik di sekolah dan kehidupan sehari-hari karena literasi saintifik dapat mengembangkan kemampuan individu untuk menggunakan pengetahuannya secara efektif dalam kehidupan masyarakat dan dunia. Sebelum mengambil langkah untuk mengajarkan siswa mengenai literasi saintifik diperlukan tindakan untuk mengidentifikasi persepsi siswa terhadap literasi saintifik menggunakan instrumen yang sesuai. Beberapa instrumen yang berkaitan dengan tes literasi saintifik pernah dikembangkan salah satunya adalah instrumen GSLQ (Global Scientific Literacy Questionnaire) yang penelitiannya dilakukan pada siswa SMP dan SMA di Korea Selatan dan instrumen TC-GSLQ (Teacher Candidate Global Scientific Literacy Questionnaire) dalam konteks calon guru di Jawa Timur Indonesia. Dalam penelitian ini peneliti ingin melakukan identifikasi persepsi siswa SMA di Indonesia terhadap literasi saintifik dengan revalidasi instrumen yang telah dikembangkan sehingga nantinya dapat menyediakan informasi yang sesuai untuk pengembangan desain kurikulum proses pembelajaran maupun sistem asesmen pendidikan di Indonesia. Revalidasi instrumen persepsi siswa SMA terhadap literasi saintifik menggunakan uji awal statistik deskriptif uji Pearson Correlation dan Alpha-Cronbach rsquo s. Analisis validitas dan reabilitas menggunakan EFA (Exploratory Factor Analysis) CFA (Confirmatory Factor Analysis) dan analisis Rasch. Berdasarkan hasil EFA dan CFA yang dilanjutkan dengan analisis Rasch instrumen GSLQ yang sesuai digunakan untuk siswa SMA di Indonesia memiliki 4 dimensi yakni 1) Proses Pembelajaran Literasi 2) Karakter dan Nilai 4) Ketertarikan terhadap Sains dan 4) Sains dan Masyarakat dengan item fit yang merupakan pernyataan final sebanyak 15 butir.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346952

Actions (login required)

View Item View Item