Maulidiyah, Dwi Aisyatul (2023) Pengembangan buku suplemen keanekaragaman tumbuhan madura serta pengaruh penerapannya terhadap literasi etnobotani dan sikap lingkungan siswa / Dwi Aisyatul Maulidiyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengintegrasian pengetahuan lokal ke dalam pembelajaran biologi dapat dilakukan untuk menciptakan generasi penerus yang dapat membangun peradaban tanpa meninggalkan identitas daerahnya sendiri. Kegiatan mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam pembelajaran dapat dilakukan melalui pengembangan sumber belajar berdasarkan hasil studi etnobotani. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan yang dimanfaatkan oleh masyarakat Madura (2) mendeskripsikan bentuk pengelolaan pelestarian dan pemanfaatan tumbuhan oleh masyarakat Madura (3) menyusun buku suplemen dari hasil penelitian studi etnobotani masyarakat Madura (4) menguji kevalidan buku suplemen dari hasil penelitian studi etnobotani masyarakat Madura (5) menguji kepraktisan buku suplemen berdasarkan respons siswa dan (6) menguji keefektifan buku suplemen dalam meningkatkan literasi etnobotani dan sikap lingkungan siswa. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu studi etnobotani untuk mengumpulkan jenis tumbuhan yang akan dimasukkan ke dalam buku suplemen dan pengembangan untuk mengembangkan produk berupa buku suplemen keanekaragaman tumbuhan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Terdapat 27 jenis tumbuhan yang dimasukkan ke dalam buku suplemen. Tumbuhan yang paling sering digunakan oleh masyarakat berasal dari family Arecaceae. Buku suplemen keanekaragaman hayati berdasarkan hasil studi etnobotani di Pulau Madura yang dihasilkan valid berdasarkan validasi dari ahli dengan nilai 3. Buku suplemen keanekaragaman hayati berdasarkan hasil studi etnobotani masyarakat Madura dinyatakan praktis berdasarkan angket respon siswa dengan rata-rata 4 54. Buku suplemen keanekaragaman tumbuhan yang dikembangkan dinyatakan efektif. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan yang bermakna nilai literasi etnobotani dan sikap lingkungan siswa sebelum dan sesudah menggunakan buku keanekaragaman tumbuhan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |