Wicaksono, Kurniawan Pandu (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran Problem Oriented Project Based Learning (POPBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi, dan literasi digital di SMA Negeri 3 Jember / Kurniawan Pandu Wicaksono</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemberdayaan keterampilan abad ke-21 menjadi hal yang penting untuk dikembangkan pada siswa. Siswa harus memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah bekerja sama dan berkomunikasi dengan efektif untuk mengusulkan atau meninjau permasalahan untuk mengatasi tantangan sosial. Hal yang harus dilakukan adalah mengembangkan kemampuan berpikir dan memberikan kesempatan untuk menggali dan mengembangkan siapa dirinya sebagai individu. Hasil observasi di lapangan menemukan hasil bahwa kemampuan berpikir kritis kemampuan berpikir kreatif kemampuan kolaborasi dan kemampuan literasi digital termasuk dalam kategori perlu untuk dikembangkan. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis kemampuan berpikir kreatif kemampuan kolaborasi dan kemampuan literasi digital adalah Problem Oriented Project Based Learning (POPBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran POPBL materi sistem gerak dan sistem sirkulasi pada manusia kelas XI SMA yang valid dan praktis dan menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran POPBL terhadap keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif keterampilan kolaborasi dan keterampilan literasi digital. Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE (Analyze Design Develop Implement Evaluate) yang mana pada setiap tahap melakukan evaluasi. Produk yang dikembangkan pada penelitian ini berupa Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) modul ajar handout Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) instrumen tes keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif serta angket keterampilan kolaborasi dan literasi digital. Produk yang dikembangkan akan dilakukan uji validasi yang terdiri dari validator ahli pembelajaran praktisi pembelajaran dan ahli materi. Desain implementasi yang digunakan yaitu non-randomized pretest-posttest control group design. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah hasil validasi dan nilai tes awal-tes akhir dari tes berbentuk uraian. Data yang didapatkan akan dianalisis validasi kepraktisan produk dan keefektifan produk yang dikembangkan. Uji keefektifan perangkat menggunakan uji anakova satu jalur. Uji persyaratan yang dilakukan sebelum uji anakova adalah uji normalitas homogenitas dan uji linieritas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran POPBL yang valid dan praktis (2) terdapat perbedaan signifikansi keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif keterampilan kolaborasi dan literasi digital antara siswa yang diajarkan menggunakan perangkat pembelajaran POPBL dengan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian sebaiknya penelitian lanjutan pada pengembangan perangkat pembelajaran POPBL pada keterampilan abad ke-21 dan sesuai dengan implementasi kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |