Widianti, Firda (2023) Pengaruh model pembelajaran ricosre dan kemampuan akademik terhadap literasi informasi, sikap ilmiah, dan hasil belajar kognitif mata pelajaran biologi pada siswa Kelas x SMA Negeri 8 Malang / Firda Widianti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurikulum Merdeka menjawab kesenjangan pendidikan di Indonesia yang berfokus untuk memberdayakan literasi numerasi dan hasil belajar siswa. Literasi informasi adalah seperangkat keterampilan yang mengharuskan individu untuk mengenali kapan informasi dibutuhkan serta memiliki kemampuan untuk menemukan mengevaluasi dan menggunakan informasi secara efektif. Sikap ilmiah adalah sikap untuk bertindak dalam memecahkan masalah secara sistematis sesuai dengan metode ilmiah. Hasil belajar kognitif yaitu dampak dari perubahan perilaku siswa dalam ranah intelektual. Hasil analisis kebutuhan yang dilakukan di kelas X SMAN 8 Malang menunjukkan bahwa literasi informasi sikap ilmiah dan hasil belajar perlu untuk diberdayakan. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini dengan menerapkan model pembelajaran RICOSRE. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE dan kemampuan akademik terhadap literasi informasi sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa pada materi Keanekaragaman Makhluk Hidup serta Virus. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian two-factor experimental design. Penelitian dilakukan di SMAN 8 Malang dengan sampel penelitian Kelas X sebanyak 96 siswa Tahun Ajaran 2022/2023 pada bulan Agustus-November 2022. Penelitian menggunakan 3 kelas terdiri dari X-6 sebagai kelas eksperimen X-3 sebagai kelas kotrol positif dan X-4 sebagai kelas kontrol negatif. Data literasi informasi dilakukan melalui pengumpulan esai sikap ilmiah melalui pengisian inventori dan hasil belajar kognitif melalui soal uraian pre-test dan post-test. Uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan homogenitas data. Uji hipotesis menggunakan Anakova dengan taraf signifikansi p lt 0 05 yang dilanjutkan dengan uji beda LSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) RICOSRE berpengaruh terhadap literasi informasi sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa 2) kemampuan akademik tinggi dan rendah berpengaruh terhadap literasi informasi sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa 3) interaksi model pembelajaran RICOSRE dan kemampuan akademik berpengaruh terhadap literasi informasi sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RICOSRE berpotensi mampu memberdayakan literasi informasi sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif baik pada siswa berkemampuan akademik tinggi maupun rendah. Saran yang dapat diberikan adalah perlu dikaji lebih lanjut terkait potensi model pembelajaran RICOSRE terhadap variabel terikat lain khususnya pada keterampilan Abad ke-21.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346947 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |