Annisa, Nur (2022) Pengembangan e-module berbasis epub materi anatomi dan morfologi akar pada tumbuhan untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi tertulis mahasiswa / Nur Annisa </p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Memasuki Abad-21 menuntut sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas unggul dan mampu berdaya saing secara global. Salah satu bagian penting dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) adalah mengembangkan keterampilan. Keterampilan yang penting untuk dikembangkan adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang berkaitan dengan kemampuan setiap individu untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi terbaik untuk menyelesaikannya. Keterampilan komunikasi tertulis dan keterampilan berpikir kritis sangat penting saat mencari pekerjaan di berbagai organisasi dan industry. Keterampilan komunikasi adalah keterampilan untuk mengungkapkan ide pikiran pengetahuan atau informasi dengan jelas dan efektif dalam bentuk tertulis dan lisan. Hasil angket analisis kebutuhan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi tertulis mahasiswa masih belum optimal dam perlu ditingkatkan sehingga dikembangkan e-module berbasis ePub dengan model inkuiri terbimbing yang diharapkan dapat melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi tertulis mahasiswa. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan e-module berbasi ePub materi anatomi dan morfologi akar pada tumbuhan yang valid praktis dan efektif untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan komunikasi tertulis mahasiswa. Model pengembangan yang digunakan adalah desain instruksional ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. E-module berbasis ePub yang telah dikembangkan divalidasi oleh validator ahli bahan ajar ahli materi dan praktisi pendidikan. E-module berbasis ePub diujicobakan kepada mahasiswa S1 Biologi Universitas Negeri Malang. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data skor validasi e-module berbasis ePub dan skor angket respon mahasiswa dianalisis dengan teknik analisis persentase data skor observasi keterlaksanaan sintaks dianalisis secara deskriptif serta data skor pretest dan posttest keterampilan berpikir kritis dan komunikasi tertulis dianalisis menggunakan n-gain score. Hasil persentase kevalidan e-module berbasis ePub oleh validator ahli materi sebesar 100% ahli bahan ajar sebesar 97 27% dan praktisi pendidikan sebesar 90% dengan kategori sangat valid. Persentase kepraktisan menggunakan respon mahasiswa sebesar 86 83% dengan kategori sangat valid hasil observer keterlaksanaan sintaks menyatakan bahwa sintaks inkuiri terbimbing tertlaksana dengan baik hasil n-gain keterampilan berpikir kritis 0 59 dengan kriteria sedang dan keterampilan komunikasi tertulis 0 61 dalam kriteria sedang. Berdasarkan hasil uji diatas dapat disumpulkan bahwa e-module berbasis ePub yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran anatomi dan morfologi akar pada tumbuhan dan efektif untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi tertulis mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346946 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |