Afdal, Muh. Andy (2023) Hubungan antara literasi internet, self-regulated learning, dan kemampuan adaptasi dengan literasi lingkungan siswa di SMAN 8 Malang / Muh. Andy Afdal</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Literasi lingkungan didefinisikan sebagai kapasitas dalam memahami menginterpretasi dan membuat keputusan yang tepat dalam memulihkan mempertahankan atau meningkatkan kelestarian lingkungan. Siswa kurang berinteraksi secara langsung dengan masalah lingkungan karena sumber informasi didapatkan dari guru maupun buku teks. Bentuk alternatif dalam mengatasi dengan cara pemanfaatan sumber belajar seperti internet yang dilakukan secara mandiri oleh siswa. Siswa perlu menyesuaikan diri agar tetap pada tujuan belajar yang akan dicapai. Penelitian ini mengkaji tentang hubungan antara literasi lingkungan terhadap literasi internet self-regulated learning dan kemampuan adaptasi siswa SMAN 8 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat literasi internet SRL kemampuan adaptasi dan tingkat literasi lingkungan siswa di SMAN 8 Malang (2) perbedaan tingkat literasi internet SRL kemampuan adaptasi dan literasi lingkungan antara siswa peminatan MIPA dan IPS (3) hubungan langsung yang signifikan antara literasi internet dengan kemampuan adaptasi siswa di SMAN 8 Malang (4) hubungan langsung yang signifikan antara SRL dengan kemampuan adaptasi siswa di SMAN 8 Malang (5) hubungan SRL langsung yang simultan dan signifikan antara literasi internet dan dengan kemampuan adaptasi siswa di SMAN 8 Malang (6) hubungan langsung yang signifikan antara literasi internet dengan literasi lingkungan siswa di SMAN 8 Malang (7) hubungan langsung yang signifikan antara SLR dengan literasi lingkungan siswa di SMAN 8 Malang (8) hubungan langsung yang signifikan antara kemampuan adaptasi dengan literasi lingkungan siswa di SMAN 8 Malang (9) hubungan tidak langsung yang signifikan antara literasi internet dengan literasi lingkungan melalui kemampuan adaptasi siswa di SMAN 8 Malang (10) hubungan tidak langsung yang signifikan antara SRL dengan literasi lingkungan melalui kemampuan adaptasi siswa di SMAN 8 Malang (11) hubungan langsung yang simultan dan signifikan antara literasi internet SRL dan kemampuan adaptasi dengan dengan literasi lingkungan siswa di SMAN 8 Malang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa sebanyak 588 dengan jumlah sampel 226 orang dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan angket tertutup dengan skala Likert dan tes pilihan ganda. Analisis data dengan menggunakan analisis jalur dengan bantuan program statistik. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan analisis jalur diperoleh hasil penelitian (1) rata-rata literasi internet SRL kemampuan adaptasi dan literasi lingkungan siswa SMAN 8 Malang berada pada kategori sedang (2) tidak ada perbedaan tingkat literasi internet SRL kemampuan adaptasi dan literasi lingkungan antara siswa peminatan MIPA dan IPS (3) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara literasi internet dengan kemampuan adaptasi siswa SMA Negeri 8 Malang (4) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara self-regulated learning dengan kemampuan adaptasi siswa SMA Negeri 8 Malang (5) terdapat hubungan langsung secara simultan dan signifikan literasi internet self-regulated learning dengan kemampuan adaptasi siswa SMA Negeri 8 Malang (6) tidak terdapat hubungan langsung yang signifikan antara literasi internet dengan literasi lingkungan siswa SMA Negeri 8 Malang (7) tidak terdapat hubungan langsung yang signifikan antara self-regulated learning dengan literasi lingkungan siswa SMA Negeri 8 Malang (8) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara kemampuan adaptasi dengan literasi lingkungan (9) terdapat hubungan tidak langsung secara signifikan antara literasi internet dengan literasi lingkungan melalui kemampuan adaptasi siswa SMA Negeri 8 Malang (10) terdapat hubungan tidak langsung secara signifikan antara self-regulated learning dengan literasi lingkungan melalui kemampuan adaptasi siswa SMA Negeri 8 Malang (11) terdapat hubungan langsung secara simultan dan signifikan literasi internet self-regulated learning kemampuan adaptasi dengan literasi lingkungan siswa SMA Negeri 8 Malang. Berdasarkan hasil temuan tentang hasil temuan penelitian ini maka diberikan saran kepada. (1) Siswa SMAN 8 Malang agar lebih memaksimalkan pemanfaatan internet dalam peningkatan hasil belajar melalui SRL agar bisa beradaptasi di masa akan mendatang (2) Guru dapat memilih proses pembelajaran yang inovatif sekaligus mengawasi siswa agar lebih bijak dalam menggunakan teknologi informasi (3) Sekolah sebaiknya sekolah mengadakan kegiatan yang bertema teknologi informasi dengan melibatkan guru siswa hingga tenaga kependidikan (4) peneliti lain diharapkan melakukan kajian secara kritis dan sistematis pada pada variabel yang akan diteliti.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346945 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |