Jauhari, Hafidhatul Furqoniyah (2023) Pengaruh reading concept mapping think pair share (remap-tps) berbantuan media online terhadap keterampilan komunikasi dan literasi sains siswa Kelas xi SMA Negeri 8 Malang / Hafidhatul Furqoniyah Jauhari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan pendidikan abad 21 menuntut siswa untuk menguasai berbagai macam kompetensi dan keterampilan agar mampu bersaing dengan cara mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dimilikinya. Biologi menjadi salah satu ilmu pengetahuan yang berkembang dengan cepat dan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Usaha siswa dalam mempelajari materi biologi membutuhkan literasi sains dan untuk dapat bersaing dalam pendidikan abad 21 membutuhkan keterampilan komunikasi. Faktanya siswa masih kesulitan dalam mempelajari biologi hal ini disebabkan perkembangan materi yang cukup pesat luas kompleks dan bersifat hafalan. Keterampilan komunikasi dan literasi sains siswa sebagian besar masih kurang memuaskan. Remap-TPS berbantuan Wizer.me dan aplikasi MindMup merupakan model pembelajaran yang berpotensi untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan literasi sains sebab memiliki tahapan Reading Concept mapping dan Think Pair Share. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui pengaruh Remap-TPS berbantuan Wizer.me dan MindMup terhadap keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran biologi kelas XI SMA (2) untuk mengetahui pengaruh Remap-TPS berbantuan Wizer.me dan MindMup terhadap literasi sains siswa pada pembelajaran biologi kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent pretest-posttest control groups design. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas XI MIPA di SMAN 8 malang yang terdiri dari 6 kelas. Dua kelas yang terpilih yaitu XI MIPA 3 (N 28) sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan Remap-TPS berbantuan Wizer.me dan MindMup. XI MIPA 4 (N 33) sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan TPS. Instrumen untuk mengukur keterampilan komunikasi menggunakan lembar observasi yang dilengkapi dengan rubrik penskoran menurut Greenstein (2012). Sedangkan untuk Literasi sains menggunakan soal bentuk uraian yang dilengkapi dengan rubrik penskoran menurut OECD (2016) Instrumen perlakuan yang digunakan meliputi silabus RPP dan UKB. Hasil penelitian yang diperoleh diuji menggunakan One-Way ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Remap-TPS berbantuan Wizer.me dan MindMup terhadap keterampilan komunikasi siswa didukung dengan nilai rerata terkoreksi keterampilan komunikasi siswa sebesar 68 30 (2) ada pengaruh model pembelajaran Remap-TPS berbantuan Wizer.me dan MindMup terhadap literasi sains siswa pada pembelajaran biologi SMA didukung dengan nilai rerata terkoreksi sebesar 78 27. Berbeda dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TPS memperoleh nilai rerata terkoreksi keterampilan komunikasi sebesar 61 81 dan literasi sains sebesar 69 19. Berdasarkan hasil penelitian maka pembelajaran Remap-TPS berbantuan Wizer.me dan MindMup lebih baik dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan literasi sains siswa sehingga dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346944 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |