A'raafi, Muhammad Ilham (2023) Pengaruh model pembelajaran remap–tps berbantuan website wizer.me dan aplikasi mindmup terhadap keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif siswa SMA Negeri 8 Malang / Muhammad Ilham A\'raafi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan yang menjadi tuntutan di abad ke-21 dengan perkembangan teknologi dan sesuai dengan tujuan pembelajaran Biologi yang harus mampu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Namun pada tingkat satuan pendidikan menengah secara umum keterampilan pemecahan masalah siswa masih kurang. Hasil penelitian yang dilakukan di beberapa SMA di Malang pada keterampilan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah. Temuan rendahnya keterampilan pemecahan masalah juga ditunjukkan dengan hasil studi pendahuluan keterampilan pemecahan masalah pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Malang menggunakan instrumen tes menunjukkan bahwa hasil keterampilan pemecahan masalah siswa rendah. Rendahnya keterampilan pemecahan masalah terjadi karena beberapa faktor seperti minat baca dan penguasaan konsep yang kurang pada pelajaran Biologi. Siswa yang kurang mampu dalam memecahkan suatu masalah akan mempengaruhi hasil belajar kognitifnya. Proses pembelajaran akan berjalan efektif apabila ditunjang dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat dan media pembelajaran yang digunakan sebagai sarana yang dapat menunjang proses belajar. Model pembelajaran Remap (Reading Consept Map) merupakan salah satu model pembelajaran konstruktivisme yang dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif salah satunya adalah TPS (Think Pair Share). Model pembelajaran Remap TPS bertujuan untuk memberdayakan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif siswa. Dengan perkembangan teknologi model pembelajaran Remap-TPS berbantuan website dan aplikasi bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan penguasaan konsep untuk mengembangkan dan melatih keterampilan pemecahan masalah serta hasil belajar kognitif siswa. Adapun teknologi yang digunakan yaitu website Wizer.me dan aplikasi MindMup. Website Wizer.me sebagai LKPD elektronik untuk melatih dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Aplikasi MindMup untuk meningkatkan penguasaan konsep. Penelitian ini bertujuan untung mengetahui pengaruh model pembelajaran Remap-TPS berbantuan website Wizer.me dan aplikasi MindMup terhadap keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Malang dan ditentukan dengan melakukan uji kesetaraan melalui uji anova untuk menentukan kelas sebagai sampel penelitian. Sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 3 berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Remap-TPS berbantuan website Wizer.me dan aplikasi MindMup dengan kelas XI MIPA 4 berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran TPS. Instrumen yang digunakan berupa silabus rpp lembar keterlaksaan pembelajaran soal tes keterampilan pemecahan masalah soal tes kemampuan kognitif. Analisis data menggunakan uji Anacova dan Regresi linier. Hasil penelitian ini antara lain (1) Keterampilan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Remap-TPS berbantuan website Wizer.me dan aplikasi MindMup lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran TPS yang dibuktikan dengan nilai rerata terkoreksi. Selain itu peningkatan pada tiap indikator keterampilan pemecahan masalah pada kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. (2) Hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dapat mengurangi penggunaan kertas dari penyebab kerusakan lingkungan dan meningkatkan literasi teknologi siswa sehingga mereka memiliki kesiapan untuk bersaing di era revolusi 4.0. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini yaitu (1) Pemilihan fitur untuk membuat LKPD melalui website Wizer.me harus runtut. (2) Penggunaan LKPD tersebut hanya diterapkan pada materi sistem gerak dan sistem sirkulasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346943 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |