Hasanah, Ismiatul (2022) Pengembangan e-modul berbasis e-pub terintegrasi model guided inquiry learning matakuliah struktur perkembangan tumbuhan untuk melatih kemampuan metakognitif dan keterampilan kolaborasi mahasiswa / Ismiatul Hasanah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Memasuki perkembangan zaman di abad 21 seseorang tidak hanya dintuntut mengembangan kemampuan kognitif melainkan juga harus dilengkapi dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi salah satunya adalah kemampuan metakognitif. Kemampuan metakognitif diyakini sebagai kemampuan dasar untuk mengembangkan berbagai macam keterampilan lainnya seperti keterampilan pemecahan masalah keterampilan komunikasi berpikir kritis berpikir kreatif keterampilan kolaborasi dll. Salah satu upaya dalam melatih kemampuan metakognitif adalah melalui pembelajaran secara kolaborasi. Disisi lain keterampilan kolaborasi merupakan bagian dari keterampilan abad 21 yang harus terus dikembangkan dalam kondisi apapun. Pada pembelajaran kolaboratif mahasiswa dituntut untuk mampu merencanakan bersama memantau serta mengevaluasi proses kemajuan kelemahan serta kelebihan kerja kolaboratifnya proses ini ditujukan untuk melatih kemampuan metokognitif mahasiswa. Hasil angket analisis kebutuhan menunjukkan kemampuan metakognitif dan keterampilan kolaborasi mahasiswa termasuk dalam kategori rendah. Disisi lain ketersediaan bahan ajar SPT 1 di jurusan biologi FMIPA Universitas Negeri Malang masih terbatas. Dosen maupun mahasiswa biologi merasa perlu dikembangkan bahan ajar berbasis elektronik yang dapat membantu melatih kemampuan metakokgnitif dan keterampilan kolaborasi mahasiswa dalah hal ini adalah e-modul berbasis e-pub dengan integrasi model guided inquiry learning. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan e-modul berbasis e-pub terintegrasi model guided inquiry learning matakuliah struktur dan perkembangan tumbuhan yang valid praktis dan efektif untuk melatih kemampuan metakogntif serta keterampilan kolaborasi mahasiswa biologi. Model pengembangan yang digunakan adalah desain instruksional ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. E-modul berbasis e-pub yang dikembangkan divalidasi oleh tiga validator yakni validator ahli bahan ajar ahli materi dan praktisi pendidikan biologi. E-modul berbasis e-pub diujicobakan kepada mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang sesuai langkah-langkah uji coba pada desain instruksional ADDIE. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data skor validasi e-modul berbasis e-pub skor angket respon mahasiswa skor observasi keterlaksanaan sintaks dan hasil observasi keterampilan kolaborasi serta data skor pretest dan posttest angket kemapuan metakognitif yang dianalisis menggunakan n-gain score. Persentase kevalidan e-modul berbasis e-pub menurut validator ahli bahan ajar dan ahli materi secara berurutan sebesar 98 4% dan 100% dengan kriteria sangat valid. Persentase kepraktisan e-modul berbasis e-pub menggunakan angket respon mahasiswa sebesar 87 15% dengan kriteria sangat valid hasil observasi keterlaksanaan sintaks menyatakan bahwa sintaks inkuiri terbimbing terlaksana dengan baik dan hasil uji n-gain score kemampuan metakognitif yaitu 0 48 dan keterampilan kolaborasi sebesar 0.66 yang termasuk dalam kriteria keefektifan sedang. Keunggulan bahan ajar e-modul yang dikembangkan adalah penggunaan eksistensi file berupa electronic publication (e-pub) yang merupakan format buku terbuka yang mampu menampilkan berbagai macam jenis visualiasi termasuk salah satunya audio dan video. Kelebihan lainnya adalah bahan ajar e-modul terintegrasi sintaks inkuiri terbimbing sehingga dapat menuntun mahasiswa melakukan pembelajaran yang sistematis. Saran pengembangan lebih lanjut adalah penambahan video hasil pengamatan organ batang tiap bahan amatan penambahan gambar anatomi dan morfologi batang dengan kualitas yang lebih baik dan penambahan fakta-fakta menarik mengenai materi organ batang sehingga meningkatkan motivasi mahasiswa untuk menggunakan e-modul.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |