Anggraeni, Pratika Desy (2022) Pengembangan e-module layanan ekosistem gunung banyak Kota Batu berbasis oidde untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, wawasan lingkungan, dan sikap lingkungan siswa /Pratika Desy Anggraeni</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan hal penting untuk membentuk generasi masa depan. Tantangan pendidikan abad ke-21 diantaranya kualitas pendidikan sendiri dan kualitas individual yang meliputi berpikir inovatif guna memecahkan permasalahan di lingkungan sekitar . Keterampilan abad ke-21 yang diperlukan dalam hal ini yakni keterampilan pemecahan masalah. Keterampilan pemecahan masalah perlu dibelajarkan dalam pembelajaran biologi. Hal ini karena permasalahan di lingkungan sekitar perlu dicarikan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Hal lain yang perlu dibelajarkan kepada siswa supaya mampu lebih peka terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya yakni wawasan lingkungan. Hasil analisis kebutuhan pada siswa SMAN 2 Batu menunjukkan bahwa nilai indikator wawasan lingkungan siswa masih terdapat kategori yang cukup. Oleh karena itu perlu membelajarkan indikator wawasan lingkungan. Wawasan lingkungan mencerminkan sikap lingkungan seseorang sehingga perlu juga membelajarkan indikator sikap lingkungan. Nilai indikator sikap lingkungan siswa SMAN 2 Batu masih terdapat yang kategorinya kurang. Hal ini menjadi alasan perlunya membelajarkan indikator sikap lingkungan. Usaha penyelarasan proses pembelajaran dengan kebutuhan siswa perlu dilakukan dengan memilih konten materi serta media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Konten materi yang sesuai yakni permasalahan lingkungan di lingkungan sekitar siswa. Konten materi tersebut dapat diangkat dari pemanfaatan layanan ekosistem pada salah satu ekosistem di Kota Batu yakni Gunung Banyak. Media pembelajaran yang sesuai yakni e-module. Penggunaan e-module memudahkan pembelajaran dapat berlangsung secara mandiri dan lebih praktis. Guru juga perlu memilih model pembelajaran yang sesuai untuk pengembangan keterampilan siswa. Model pembelajaran yang sesuai yakni model pembelajaran Orientation Identify Discussion Decision dan Engage in Behaviour (OIDDE). Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan e-module yang diintegrasikan dengan model pembelajaran OIDDE. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakna yakni model pengembangan Lee amp Owens. Desain penelitian yang dipilih yakni One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian yakni 34 siswa kelas X SMAN 2 Batu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal pretest-posttest keterampilan pemecahan masalah wawasan lingkungan sikap lingkungan lalu instrumen lembar validasi ahli materi media dan praktisi pendidikan biologi serta instrumen lembar respon siswa. Keefektifan e-module dihitung dengan menggunakan skor n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-module layanan ekosistem berbasis OIDDE valid praktis dan efektif. Tingkat keefektifan e-module dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah yakni sedang. Hal ini didasarkan pada skor n-Gain yang diperoleh sebesar 0.55. Berdasarkan hasil pengujian paired sample t-test menunjukkan nilai p sebesar 0.000pretest ke posttest keterampilan pemecahan masalah yang berarti bahwa e-module layanan ekosistem berbasis OIDDE mampu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Tingkat keefektifan e-module dalam meningkatkan wawasan lingkungan siswa yakni sedang. Skor n-Gain yang diperoleh sebesar 0.52. Berdasarkan hasil pengujian paired sample t-test menunjukkan nilai p sebesar 0.000pretest ke posttest wawasan lingkungan yang berarti bahwa e-module layanan ekosistem berbasis OIDDE mampu meningkatkan wawasan lingkungan siswa. Tingkat keefektifan e-module dalam meningkatkan sikap lingkungan siswa yakni sedang sedang. Skor n-Gain yang diperoleh sebesar 0.41. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai p sebesar 0.000pretest ke posttest sikap lingkungan yang berarti bahwa e-module layanan ekosistem berbasis OIDDE mampu meningkatkan sikap lingkungan siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346939 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |