Handayani, Rima (2022) Pengaruh <em>reading concept mapping-group investigation</em> (<em>REMAP-GI</em>) berbantuan g<em>itmind</em> dan <em>edmodo</em> terhadap literasi sains dan keterampilan kolaborasi pada pembelajaran biologi kelas XI SMAN 2 Kudus / Rima Handayani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Handayani Rima. 2022. Pengaruh Reading Concept Mapping-Group Investigation (Remap-GI) Berbantuan Gitmind dan Edmodo terhadap Literasi Sains dan Keterampilan Kolaborasi pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMAN 2 Kudus. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Sri Rahayu Lestari M.Si. (II) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. Kata kunci Remap-GI literasi sains keterampilan kolaborasi. Perkembangan pendidikan pada abad ke-21 menuntut peserta didik untuk menguasai berbagai macam kompetensi dan keterampilan agar dapat bersaing dengan cara mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dimilikinya. Biologi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berkembang dengan cepat dan memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia. Peserta didik dalam mempelajari materi biologi membutuhkan literasi sains serta keterampilan kolaborasi yang baik. Faktanya siswa masih kesulitan dalam mempelajari biologi sebab perkembangan materi yang cepat cakupannya luas kompleks dan dianggap bersifat hafalan. Hal tersebut disebabkan belum mengintegrasikan keterampilan abad ke-21 dalam mempelajarinya. Literasi sains dan keterampilan kolaborasi termasuk dalam kemampuan yang penting dikuasai siswa pada abad ke-21. Literasi sains dan keterampilan kolaborasi peserta didik sebagian besar masih kurang memuaskan. Upaya untuk mengatasi hal tersebut salah satunya melalui inovasi model pembelajaran dalam membelajarkan materi di kelas. Remap-GI berbantuan Gitmind dan Edmodo adalah model pembelajaran inovatif yang berpotensi mengembangkan literasi sains dan keterampilan kolaborasi peserta didik sebab memiliki tahapan Reading Concept Mapping dan Group Investigation. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui pengaruh Remap-GI berbantuan Gitmind dan Edmodo terhadap literasi sains peserta didik pada pembelajaran biologi SMA kelas XI 2) untuk mengetahui pengaruh Remap-GI berbantuan Gitmind dan Edmodo terhadap ketrampilan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran biologi SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent pretest-posttest control groups design. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas XI MIPA di SMAN 2 Kudus yang terdiri dari 8 kelas. Dua kelas yang terpilih yaitu XI MIPA 1 (N 36) sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan Remap-GI berbantuan Gitmind dan Edmodo XI MIPA 4 (N 36) sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan GI. Instrumen untuk mengukur literasi sains menggunakan soal bentuk uraian yang dilengkapi dengan rubrik penskoran menurut OECD (2016) sedangkan keterampilan kolaborasi menggunakan lembar observasi yang dilengkapi dengan rubrik penskoran menurut Greenstein (2012). Instrumen perlakuan yang digunakan meliputi silabus RPP dan LKPD. Hasil penelitian yang diperoleh diuji menggunakan One-Way ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh model pembelajaran Remap-GI berbantuan Gitmind dan Edmodo terhadap literasi sains pada pembelajaran biologi SMA didukung dengan nilai rerata terkoreksi literasi sains peserta didik sebesar 86 467 2) ada pengaruh model pembelajaran Remap-GI berbantuan Gitmind dan Edmodo terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran biologi SMA didukung dengan nilai rerata terkoreksi keterampilan kolaborasi peserta didik sebesar 90 05. Berbeda dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran GI memperoleh nilai rerata terkoreksi literasi sains sebesar 81 085 dan keterampilan kolaborasi sebesar 84 36. Oleh karena itu model pembelajaran ini dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan literasi sains dan keterampilan kolaborasi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346938 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |