Amina, Ikramina Yusti (2023) Penerapan model pembelajaran Remap - Gi berbasis Blended Learning terhadap keterampilan generik sains, keterampilan proses sains, dan hasil belajar kognitif siswa kelas XII MIPA SMAN 8 Malang / Ikramina Yusti Amina</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran saat pandemi membuat aspek keterampilan siswa mengalami penurunan dari kinerja proses sikap ilmiah dan kerjasama karena pelaksanaannya secara full online. Hal ini memberikan dampak pada keterampilan generik dan proses siswa terutama bidang sains. Salah satu bidang sains adalah biologi yang memiliki capaian pembelajaran melalui kegiatan praktik dan teori. Dampak pembelajaran full online yang jarang melaksanakan penilaian proses memiliki pengaruh terhadap aspek psikomotorik dan kognitif siswa. Ketika keterampilan proses dan generik siswa menurun maka berdampak pada capaian keterampilan abad-21 siswa. Keterampilan proses dan generik saat pandemi kurang optimal dilaksanakan dalam pembelajaran. Salah satu upaya meningkatkan keterampilan proses dan generik sains dengan cara menemukan inovasi strategi pembelajaran misalnya model pembelajaran berbantuan teknologi digital. Model pembelajaran yang diharapkan dapat memberdayakan peluang dari karakter mandiri siswa durasi belajar dan pemanfaatan Teknologi dan Informasi adalah reading-concept mapping (Remap) dan group investigation (GI) yang berbasiskan blended learning. Tujuan penelitian adalah untuk 1) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Remap-GI berbasis Blended Learning terhadap keterampilan generik sains siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 8 Malang 2) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Remap-GI berbasis Blended Learning terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 8 Malang dan 3) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Remap-GI berbasis Blended Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 8 Malang. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 8 Malang yang terdiri dari 6 (enam) kelas. Dua kelas yang terpilih untuk penelitian adalah XII MIPA 4 (kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran Remap-GI berbasis Blended Learning N 31 siswa) dan XII MIPA 5 (kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran GI N 31 siswa). Instrumen untuk mengukur keterampilan generik sains dengan 6 (enam) indikator dari Brostosiswoyo (2001) keterampilan proses sains dengan 7 (tujuh) indikator dari Mutlu (2020) menggunakan lembar observasi yang dilengkapi dengan rubrik penskoran dan hasil belajar siswa dari soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal tiap materi dengan level kognitif C4-C6. Instrumen perlakuan yang digunakan meliputi silabus RPP dan LKPD. Hasil penelitian diuji menggunakan One Way Ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh penerapan model pembelajaran Remap-GI berbasis blended learning terhadap keterampilan generik sains siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 8 Malang didukung dengan nilai Sig. sebesar 0 038 lt 0 05 artinya hipotesis diterima 2) ada pengaruh penerapan model pembelajaran Remap-GI berbasis blended learning terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 8 Malang didukung dengan nilai Sig. sebesar 0 000 lt 0 05 artinya hipotesis diterima dan 3) ada pengaruh penerapan model pembelajaran Remap-GI berbasis blended learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 8 Malang didukung dengan nilai Sig. sebesar 0 000 lt 0 05 artinya hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Remap-GI berbasis Blended Learning dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan generik dan proses sains serta hasil belajar kognitif siswa pasca pandemi COVID-19.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346937 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |