Alvionita, Devi (2022) Pengembangan e-module ekosistem dan perubahan lingkungan berbasis problem based-learning (PBL) berbantuan augmented reality untuk meningkatkan literasi digital, pengetahuan lingkungan, dan sikap lingkungan siswa Kelas X SMA / Devi Alvionita</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara cepat di era revolusi industri 4.0 memberikan dampak yang luar biasa hampir diseluruh bidang kehidupan. Perkembangan TIK yang cepat ini memunculkan berbagai inovasi teknologi digital dan telah membawa perubahan penting dalam kehidupan. Penggunaan teknologi digital dengan cara yang tidak tepat akan memberikan persoalan pada kehidupan masyarakat. Guna menghadapi persoalan ini literasi digital menjadi kompetensi yang harus dimiliki masyarakat. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan hasil tes literasi digital pada peserta didik kelas XI termasuk kategori sangat rendah. Berdasarkan kuesioner kebutuhan pada aspek literasi digital dapat diketahui yaitu penggunaan bahan ajar berbasis teknologi seperti e-module game edukasi laboratorium virtual atau augmented reality ketika pembelajaran di sekolah masih sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan hasil penelitian lainnya dapat diketahui juga bahwa literasi digital peserta didik rendah. Guna menghadapi permasalahan rendahnya literasi digital berikut beberapa saran dan masukan yang dapat dijadikan sebagai pandangan yaitu perlu memaksimalkan penggunaan media atau bahan ajar berbasis teknologi dalam pembelajaran dan perlu mengintegrasikan media atau bahan ajar berbasis teknologi ke dalam model pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-module ekosistem dan perubahan lingkungan berbasis problem based-learning berbantuan augmented reality makrozoobentos di Sungai Bedadung memenuhi syarat valid praktis dan menguji keefektifannya terhadap literasi digital pengetahuan lingkungan dan sikap lingkungan. Tahapan penelitian ini yaitu penilaian dan analisis (assessment and analysis) desain (design) pengembangan (development) implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation) mengacu model pengembangan Lee dan Owen. Konten dalam bahan ajar yang dikembangkan ini berdasarkan hasil penelitian uji kualitas air Sungai Bedadung memanfaatkan peran makrozoobentos yang ditemukan sebagai bioindikator. Bahan ajar yang ditemukan dilengkapi teknologi augmented reality yang dapat merepresentasikan gambar 3 dimensi setiap makrozoobentos yang ditemukan dilengkapi deskripsi serta skor bioindikatornya. Bahan ajar yang dikembangkan juga dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan yang dikhususkan untuk guru berisikan petunjuk instal silabus RPP materi yang terdapat pada bahan ajar termasuk hasil uji kualitas air Sungai Bedadung dan berbagai instrumen yang dikembangkan yaitu soal dan kisi-kisi soal literasi digital pengetahuan lingkungan dan sikap lingkungan. Uji coba dan implementasi bahan ajar dilakukan di MAN 1 Jember. Hasil menunjukkan bahwa bahan ajar e-module pada materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan berbasis Problem Based-Learning berbantuan augmented reality makrozoobentos di Sungai Bedadung memenuhi syarar kevalidan dan kepraktisan sehingga layak digunakan untuk tahap berikutnya. Uji efektifivas bahan ajar dilakukan dengan cara menganalisis rerata nilai literasi digital pengetahuan lingkungan dan sikap lingkungan yang telah diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa e-module pada materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan berbasis Problem Based-Learning berbantuan augmented reality makrozoobentos di Sungai Bedadung berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan literasi digital pengetahuan lingkungan dan tidak secara signifikann pada sikap lingkungan. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa e-module pada materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan berbasis Problem Based-Learning berbantuan augmented reality makrozoobentos di Sungai Bedadung dapat digunakan untuk pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan literasi digital pengetahuan lingkungan dan sikap lingkungan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346936 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |