Pengembangan e-module ekosistem dan perubahan lingkungan berbasis PBL berdasarkan hasil penelitian komunitas makrozoobentos di sungai jangkok, lombok untuk meningkatkan berpikir kritis, pemecahan masalah dan sikap lingkungan. tesis, program studi magister pendidikan biologi / Siti Nurhaliza</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module ekosistem dan perubahan lingkungan berbasis PBL berdasarkan hasil penelitian komunitas makrozoobentos di sungai jangkok, lombok untuk meningkatkan berpikir kritis, pemecahan masalah dan sikap lingkungan. tesis, program studi magister pendidikan biologi / Siti Nurhaliza</p>

Nurhaliza, Siti (2022) Pengembangan e-module ekosistem dan perubahan lingkungan berbasis PBL berdasarkan hasil penelitian komunitas makrozoobentos di sungai jangkok, lombok untuk meningkatkan berpikir kritis, pemecahan masalah dan sikap lingkungan. tesis, program studi magister pendidikan biologi / Siti Nurhaliza</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran abad ke-21 pada kurikulum 2013 berkaitan erat dengan pengembangan kompetensi abad ke-21 diantaranya keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Selain itu proses pembelajaran dalam kurikulum 2013 juga menanamkan nilai pendidikan karakter salah satunya adalah sikap lingkungan. Keterampilan berpikir kritis pemecahan masalah dan sikap lingkungan ini perlu diajarkan dan dikembangkan pada semua mata pelajaran termasuk pembelajaran biologi di SMA/MA. Namun berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis pemecahan masalah dan sikap lingkungan siswa SMA dalam pembelajaran biologi masih tergolong rendah termasuk di SMAN 1 Lingsar. E-module berbasis PBL dapat meningkatkan berpikir kritis pemecahan masalah dan sikap lingkungan siswa. Topik permasalahan kontekstual yang dapat disajikan dalam e-module berbasis PBL adalah permasalahan kualitas ekosistem termasuk ekosistem sungai yang dapat dianalisis menggunakan komunitas makrozoobentos sebagai bioindikator. Penelitian ini bertujuan untuk mengahasilkan e-module ekosistem dan perubahan lingkungan berbasis PBL berdasarkan hasil penelitian komunitas makrozoobentos di Sungai Jangkok yang valid praktis dan efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis pemecahan masalah dan sikap lingkungan. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Lee and Owens (2004) yang terdiri dari tahap penilaian dan analisis (assessment/analysis) yang terdiri dari analisis kebutuhan (need assessment) dan analisis awal-akhir (front-end analysis) perancangan (design) pengembangan (development) implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Konten dalam e-module berdasarkan hasil penelitian komunitas makrozoobentos di Sungai Jangkok untuk mengembangkan bahan ajar bebasis potensi lokal pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan kelas X MIPA di SMAN 1 Lingsar. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar validasi ahli media dan bahan ajar materi dan praktisi pendidikan biologi angket respons siswa soal tes awal dan akhir berpikir kritis dan pemecahan masalah serta angket sikap lingkungan. E-module ekosistem dan perubahan lingkungan berbasis PBL berdasarkan hasil penelitian komunitas makrozoobentos di Sungai Jangkok yang dihasilkan sangat valid dengan nilai validitas oleh ahli materi 100% ahli media dan bahan ajar 93% dan praktisi pendidikan biologi 95%. Nilai kepraktisan e-module berdasarkan hasil respon siswa sebesar 86% untuk uji coba perorangan dan kelompok kecil serta 87% untuk uji coba lapangan yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis pemecahan masalah dan sikap lingkungan yang signifikan antara kelas yang dibelajarkan menggunakan e-module ekosistem dan perubahan lingkungan berbasis PBL dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan buku paket biologi dari sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa e-module efektif untuk meningkatkan berpikir kritis pemecahan masalah dan sikap lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346933

Actions (login required)

View Item View Item